BPBD Imbau Wisatawan Waspada 4 Titik Rawan Longsor di Jalur Puncak Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 14:59 WIB
Jalur Puncak Cianjur di kawasan Segar Alam rawan longsor.
Foto: Jalur Puncak Cianjur di kawasan Segar Alam rawan longsor (Ismet Selamet/detikcom).
Cianjur -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur menyebutkan ada empat titik rawan longsor di sepanjang Jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat. Wisatawan yang berlibur ke Kota Tauco diimbau waspada, terlebih jika turun hujan lebat.

Empat titik rawan longsor tersebut berada di kawasan Segar Alam (dekat Hotel Puncak Pass), Ciloto, Lembah Koi, dan Cibereum.

"Yang paling rawan itu di Segar Alam dan Lembah Koi. Bahkan belum lama ini juga terjadi jalan ambles cukup parah, hingga membutuhkan penanganan selama beberapa bulan," ujar Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Dedi Supriadi, Kamis (29/10/2020).

Menurut Dedi, pemerintah sudah melakukan penanganan untuk titik rawan longsor tersebut. Namun kondisi hujan deras yang mengguyur belakangan ini membuat potensi terjadinya longsor tetap ada.

"Seperti di Segar Alam, itu sudah ditangani dengan penembokan dan tebingannya. Tapi tetap saja potensi longsor itu ada," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut Dedi, wisatawan yang berlibur ke Cianjur di momen libur panjang ini diimbau untuk tetap waspada, apalagi jika turun hujan lebat.

"Tetap waspada saja, terlebih saat melintas di titik rawan longsor tersebut," ucap diam

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan tim relawan dan BPBD untuk memantau lokasi tersebut. Bahkan alat berat juga standby apabila terjadi longsor.

"Petugas siaga 24 jam, dua alat berat juga disiapkan. Tapi diharapkan tidak terjadi longsor di momen libur panjang ini," pungkasnya.

Simak vvideo 'Antrean Kendaraan Mengular di Pintu Masuk Ancol':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)