Polisi Kembali Berlakukan One Way dari Arah Puncak Menuju Jakarta

M Solihin - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 14:15 WIB
Kondisi lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor.
Foto: Kondisi lalu lintas di Jalan Raya Puncak Bogor (M Solihin).
Bogor -

Satlantas Polres Bogor kembali memberlakukan sistem satu arah (oneway) untuk mengurai kepadatan lalulintas di kawasan Puncak, Kamis (29/10/2020) siang. Oneway diberlakukan untuk kendaraan menuju Jakarta mulai pukul 12.30 WIB.

Pantauan detikcom polisi mulai melakukan pembersihan arus lalu lintas menuju Puncak sejak pukul 12.30 WIB. Kendaraan yang datang dari arah Jakarta melalui Tol Jagorawi disekat di Km 46 selepas Gerbang Tol Ciawi.

Kendaraan-kendaraan ini baru bisa melaju ke kawasan Puncak beberapa jam kedepan hingga one way dari Puncak menuju Jakarta selesai dilaksanakan.

One way dilakukan polisi untuk mengurai kemacetan di kawasan Puncak. Pada siang hari, banyak wisatawan yang mulai check-out dari vila atau hotel. Menjelang sore hari, juga banyak wisatawan yang mulai pulang dan mengarah ke Jakarta.

Rayhan (33), wisatawan asal Tangerang yang tengah berlibur di kawasan Puncak mengatakan, arus lalulintas di kawasan wisata Gunungmas Puncak mengalami kemacetan parah. Jalan raya di kawasan Puncak, kata Reyhan, didominasi oleh kendaraan dua.

"Lalin macet, yang arah Jakarta parah macetnya tapi sebentar sudah mulai ngalir lagi," kata Reyhan, Kamis (29/10/2020).

"Ini kebanyakan motor, banyak juga yang berhenti di jalan, jadi bikin macet," tambahnya.

Untuk diketahui, arus kendaraan menuju kawasan Puncak pada hari kedua libur panjang kali ini meningkat 20 persen dibanding hari pertama. Hal ini berdasarkan pantauan polisi pagi tadi.

"Pada pagi hari ini terpantau arus yg menuju ke puncak sudah ada peningkatan kurang lebih sekitar 20 persen peningkatan," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut, Kamis (29/2020).

Proses oneway juga sempat diberlakukan pada pagi hari untuk kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak. One way arah puncak diberlakukan sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB.

Tonton video 'Hari Kedua Libur Cuti Bersama, Tol Cikampek Padat-Merayap!':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)