Libur Cuti Bersama, Ini Prakiraan Cuaca di Jabar Hari Ini

Siti Fatimah - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 08:18 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Foto: Ilustrasi kondisi cuaca (Rifkianto Nugroho/detikcom).
Bandung -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir di sejumlah wilayah Jawa Barat pada sore hari. Warga diminta waspada dengan hasil prediksi tersebut.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir pada sore hingga menjelang malam hari di wilayah Kabupaten dan Kota di Jawa Barat," tulis BMKG dalam laman resminya seperti dilihat detikcom, Kamis (29/10/2020).

Wilayah sebaran yang diperkirakan akan hujan sedang hingga lebat diantaranya Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab Sukabumi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Sumedang, Kab Garut, Kab Tasikmalaya, Kab Ciamis, Kab Banjar dan Kab Pangandaran.

Pada dini harinya, BMKG memperkirakan di Kabupaten Pangandaran (merata seluruh kecamatan) dan Kabupaten Tasikmalaya wilayah Pancatengah, Cikalong, serta Kabupaten Ciamis wilayah Banjar Anyar, Banjarsari dan sekitarnya berpotensi hujan disertai angin kencang pada pukul 01.25 WIB.

"Dan dapat meluas ke wilayah Kab Ciamis, Pamarican, Purwadadi. Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 04.00 WIB," tulisnya.

Sementara di pagi hari menjelang siang, BMKG mencatat, rata-rata seluruh wilayah di Jawa Barat diprediksi cerah berawan hingga hujan sedang.

Malam hari, BMKG memprediksi wilayah Jawa Barat berawan. Lain halnya di Bandung Raya, Bogor, hingga Depok diperkirakan akan hujan ringan.

Pihaknya juga mencatat suhu udara di tiap-tiap daerah di Jabar berbeda-beda, namun rata-rata di angka 20-34 derajat celcius. Kelembaban udara berkisar 60-100%.

(mso/mso)