Diduga Akan Bunuh Diri, Perempuan Asal Depok Panjat Tower SUTET di Bogor

M Solihin - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 20:18 WIB
Petugas evakuasi perempuan yang hendak bunuh diri di Bogor.
Foto: Petugas evakuasi perempuan yang hendak bunuh diri di Bogor (Istimewa).
Bogor -

Perempuan berinisial M (29) nekad memanjat tower Saluran Udara Tegangan Eksta Tinggi (SUTET) di Desa Singajaya Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Rabu (28/10/2020). Diduga, perempuan asal Depok, Jawa Barat itu hendak bunuh diri.

Informasi dihimpun, M datang ke lokasi dengan mengendarai motor Yamaha Vega bernopol B 6967 UYG. Setelah sempat terlihat mondar mandir, perempuan itu kemudian memanjat tower SUTET setinggi 70 meter.

"M ini awalnya sedang istirahat bersama suaminya di depan Perumahan Citra Indah Jonggol. Saat istirahat, M ijin kepada suaminya untuk jalan-jalan sebentar pakai motor," kata Kapolsek Jonggol Kompol Agus Hidayat, Rabu (28/10/2020).

"Karena sudah 1 jam tidak kembali, suaminya kemudian pergi mencari dan menemukan istrinya sudah di tower SUTET. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke pihak kami," tambahnya.

Kepolisian didampingi TNI dan warga mencoba membujuk M dari bawah SUTET untuk tidak melompat dan bersedia turun. Sementara tim penyelamat naik ke tower untuk melakukan evakuasi.

Tim pemadam kebakaran dan petugas PLN yang memanjat tower SUTET butuh waktu sekitar 20 menit untuk membujuk agar M bersedia turun.

"Kebetulan saya yang naik, di atas itu ada 20 menit sebelum dia (M) mau dibawa turun. Kita bujuk dulu kan, pelan-pelan. Awalnya memang nolak, tapi lama-lama mau juga. Dia turun didampingi tim penyelamat," cerita Komandan Regu Unit 3 Rescue Damkar Kabupaten Bogor Alan Bastyan, Rabu (28/10/2020).

"Di atas proses cukup lama, sempet juga dia tanya motor sama HP dia dimana, padahal motor ada di bawah sutet kan. Tapi akhirnya dia mau turun juga. Katanya malu banyak orang yang lihatin dari bawah," ucapnnya.

Menurut Alan, proses evakuasi cukup memakan waktu lama karena harus meminta ijin ke pihak PLN untuk memadamkan aliran listrik selama proses evkuasi. Berdasarkan keterangan dari suaminya, M diketahui sedang mengalami depresi sejak lama.

(mso/mso)