Polisi Siapkan Rekayasa Lalin ke Anyer Saat Puncak Libur Cuti Bersama

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 18:47 WIB
Lalu lintas menuju kawasan wisata Pantai Anyer, Banten macet (Iqbal-detikcom).
Foto: Lalu lintas menuju kawasan wisata Pantai Anyer (Iqbal-detikcom).
Serang -

Polres Cilegon memprediksi puncak wisatawan saat libur cuti bersama ke pantai Anyer dan sekitarnya padat pada Sabtu dan Minggu. Kepolisian sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi terjadi kepadatan.

Kasatlantas Polres Cilegon AKP Ali Rahman mengatakan kondisi lalu lintas pada hari pertama libur cuti bersama masih belum menunjukkan adanya peningkatan. Kondisi di pesisir tidak ada kepadatan wisatawan baik dari Jakarta dan sekitarnya.

"Hari ini masih landai, prediksi di hari Sabtu dan Minggu. Kemungkinan Kamis dan Jumat masih sepi," kata Ali di Serang, Rabu (28/11/2020).

Pihaknya mengaku sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan arus wisatawan ke Anyer.

Pertama, one way diberlakukan saat pagi untuk menarik kendaraan dari arah Jalan Lingkar Selatan (JLS) untuk masuk ke kawasan pantai. Rekayasa ini dilakukan jika sudah terjadi kepadatan hingga ke depan kawasan industri Chandra Asri.

"Baru kita laksanakan one way, kendaraan ditarik masuk," ujarnya.

Kedua, kemungkinan one way diberlakukan saat wisatawan mulai kembali dari pantai. Ini biasanya dilakukan saat sore hari. Jadi, kendaraan bisa segera keluar kawasan pesisir dan masuk di Jalan JLS.

"Wisatawan mulai pulang, kita lakukan one way keluar dari Anyer," tambahnya.

Polres Cilegon sendiri menurunkan 50 personel khusus untuk mengamankan lalu lintas di sekitar Anyer. Selain itu, tambahan 25 personel dari Polda Banten untuk membantu mengurai jika terjadi kepadatan.

Mereka, lanjutnya akan siaga di persimpangan rawan kemacetan seperti simpang JLS Ciwandan, simpang Pelabuhan Paku dan persimpangan dekat Hotel Mandalika, persimpangan PCI dan persimpangan Teneng di Cinangka.

Khusus untuk simpang Teneng, personel lanjutnya akan mengarahkan kendaraan dari arah pantai Carita, Pandeglang untuk masuk jalur alternatif menuju Pal Lima, Serang.

"Nanti dari arah Carita khususnya arus balik padat di Anyer, kita arahkan menuju Padarincang dan nanti keluar di Pal Lima," ujarnya.

(bri/mso)