Hari Ini Diprediksi Puncak Arus Libur Cuti Bersama di Tol Cipali

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 13:52 WIB
Gerban Tol Palimanan
Gerbang Tol Palimanan (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Polresta Cirebon memprediksi puncak arus lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) saat libur panjang dan cuti bersama terjadi hari ini. Sejak tadi pagi volume kendaraan yang melintas menuju Jateng meningkat.

"Puncak arus mudik masih terjadi sampai hari ini. Sampai malam hari, peningkatan volume kendaraan akan terjadi. Kami siagakan personel di pos pengamanan Tol Palimanan," kata Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi kepada detikcom, Rabu (28/10/2020).

Hingga siang ini kondisi lalu lintas arah Jateng masih padat. Petugas pun membuka penambahan gardu keluar arah Jateng untuk mengantisipasi antrean kendaraan.

Syahduddi mengatakan salah satu rekayasa lalu lintas yang dilakukan dengan menindaklanjuti Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang pembatasan kegiatan operasional angkutan barang. "Mobil truk gandengan yang mengangkut barang seperti barang galian dan tambang, kita alihkan mulai dari arah Jakarta masuk ke jalur non-tol. Kemudian, di pintu Tol Palimanan 4, angkutan barang ini bisa melintas ke tol yang mengarah Jateng," tutur Syahduddi.

Menurut Syahduddi, sejak pukul 10.00 WIB di jalan tol yang masuk wilayah Karawang, pihaknya telah memberlakukan contraflow. "Jadi lonjakan volume kendaraan sudah terjadi dari arah Jakarta," kata Syahduddi.

Kanit PJR Tol Cipali Polda Jabar Ipti Dasep Rahwan mengatakan saat ini total gardu yang dibuka di Tol Palimanan mencapai 21 unit, 15 di antaranya pintu to keluar yang mengarah ke Jateng. Enam lainnya pintu tol arah Jakarta.

"Gardu exit (keluar) 15 unit, yang gardu masuk enam unit. Data saat ini total kendaraan yang keluar menuju Jateng mencapai 4.152 unit. Sedangkan kendaraan yang menuju arah Jakarta 1.436 unit. Ini data hingga pukul 09.00 WIB tadi," ujar Dasep.

(bbn/bbn)