Satgas COVID-19 Subang Akan Rapid Test Acak Pengunjung Objek Wisata

Dian Firmansyah - detikNews
Rabu, 28 Okt 2020 11:57 WIB
Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Subang akan dirapid test secara acak
Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Subang akan dirapid test secara acak (Foto: Dian Firmansyah)
Subang -

Libur panjang di masa pandemi Corona menjadi kekhawatiran banyak pihak. Satgas COVID-19 Subang pun punya strategi untuk meminimalisir penyebaran di lokasi wisata.

Mengantisipasi penyebaran virus di titik keramaian seperti tempat wisata, Satgas COVID-19 kabupaten Subang akan melakukan rapid test secara acak bagi para pengunjung. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung lain dan bagi pengelola wisata.

"Kami akan lakukan di satu titik di wisata sari ater, karena tempat itu menjadi ikon kabupaten subang yang memang pengunjung banyak dari luar subang, sehingga sangat beresiko membawa penyakit ke subang, kami menciptakan pariwisata yang sehat tapi wisata bisa jalan terus pengunjungnya sehat," ujar Jubir Satgas COVID-19 kabupaten Subang, dr Maxi, Rabu (28/10/2020).

Maxi menjelaskan jika Rapid test ini akan dilakukan pada hari Kamis (29/10), ia menyiapkan sebanyak 500 alat rapid test yang akan dilakukan secara acak, kepada para pengunjung terutama pengunjung dari luar kota subang.

Jika terdapat pengunjung yang hasilnya reaktif maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan hingga karantina.

"Kalo di antara yang rapid ada yang reaktif, tindakan pertama adalah yang bersangkutan dilakukan swab, kedua bersangkutan diminta kembali ke tempat asal," katanya.

Sebagai informasi, kegiatan rapid test ini di gelar serentak seluruh Indonesia selama satu hari pada Kamis (29/10) esok. Diharapkan kegiatan ini dapat menekan penyebaran virus di tengah masyarakat menikmati masa liburan, sehingga tidak menimbulkan klaster baru.

Tonton video 'Langkah Taman Safari Cegah Klaster Long Weekend':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)