Tersangka Dugaan Aniaya Sopir Taksi Online, Habib Bahar Tempuh Praperadilan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 19:10 WIB
Bandung -

Habib Bahar bin Smith kembali dijadikan tersangka atas kasus dugaan penganiayaan terhadap sopir taksi online. Kuasa hukum akan mengajukan upaya praperadilan atas status tersebut.

"Secara hukum, kami akan mempertimbangkan untuk menempuh upaya praperadilan atas penetapan tersangka dimaksud," ucap Azis Yanuar, kuasa hukum Bahar, via pesan suara, Selasa (27/10/2020).

Kasus itu terjadi pada 2018. Saat itu, terjadi perselisihan antara Bahar dengan sopir taksi online bernama Andriansyah tersebut. Alhasil, Andriansyah membuat laporan polisi atas perbuatan Bahar.

Menurut Azis, kasus itu sudah selesai. Antara Bahar dan juga pelapor sudah terjadi perdamaian bahkan pelapor sudah mencabut laporan.

"Bahwa ini menunjukkan nyata terjadi dan terdapat upaya kriminalisasi terhadap Habib Bahar bin Smith," kata Azis.

Sebab itu, selain upaya praperadilan, pihaknya juga akan meminta perlindungan ke Komisi III DPR RI. "Secara politik kita akan meminta perlindungan kepada Komisi III DPR terkait upaya kriminalisasi ini dengan membawa pelapor dan kuasa hukumnya serta bukti sudah ada perdamaian dari para pihak dan pencabutan LP yang dimaksud," tutur Azis.

Habib Bahar bin Smith kembali terjerat kasus dugaan penganiayaan. Dia ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jabar atas kasus penganiayaan.

(dir/bbn)