Cuaca Ektrem, Bupati Ciamis Perintahkan Camat Siaga Hadapi Bencana

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 15:58 WIB
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengungkap adanya klaster MTQ
Foto: Bupati Ciamis Herdiat Sunarya (Dadang Hermansyah/detikcom).
Ciamis -

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menginstruksikan para camat untuk bersiaga hadapi bencana alam akibat cuaca ekstrem. . Pihaknya juga mengimbau ASN dan warga Ciamis untuk tidak berwisata terlebihdahulu saat libur cuti bersama mengingat masih terjadi peningkatan kasus COVID-19.

"Para Camat saya minta berada di wilayah kerjanya masing-masing tetap siaga terutama terhadap bencana akibat cuaca ekstrim. Untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Herdiat, Selasa (27/10/2020).

Para camat juga harus berkoordinasi dengan aparat setempat TNI dan Polri guna meningkatkan kesiapsiagaan bila terjadi bencana. Kemudian segera melapor ke BPBD bila terjadi bencana agar bisa segera melakukan penanganan.

"Semoga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Warga kami imbau untuk meningkatkan kewaspadaan terutama yang berada di tempat yang rawan," kata Herdiat.

Herdiat juga mengimbau kepada para ASN dan masyarakat agar memanfaatkan cuti bersama ini untuk beristirahat di rumah masing-masing.

"Istirahat di rumah, tidak usah datang ke tempat wisata atau ke tempat kerumunan banyak orang. Kasus COVID-19 di Kabupaten Ciamis sekarang terus meningkat, jumlahnya sudah 199 orang positif, ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Ciamis Wasdi Ijudin mengatakan dalam menghadapi libur panjang, pihaknya telah menyampaikan surat edaran kepada pengelola wisata untuk memperketat protokol kesehatan.

"Libur panjang ini diprediksi kunjungan wisata di Ciamis akan mengalami peningkatan. Kami minta kepada pengelola wisata untuk memperketat protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19," ujarnya.

Simak juga video 'BMKG: Hujan Lebat Diprediksi di 22 Provinsi Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)