Okupansi Hotel Saat Libur Panjang di Banten Capai 75 Persen

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 27 Okt 2020 14:40 WIB
Ilustrasi hotel bintang lima
Ilustrasi hotel (Foto: iStock)
Serang -

Pemesanan hotel di lokasi wisata Banten seperti Anyer, Carita sampai Tanjung Lesung sudah mencapai 75 persen jelang libur panjang akhir Oktober. Hal ini disampaikan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banten Sari Alam.

"Pemesanan at least sekarang ini bisa mencapai 75 persen sudah terpesan," kata Sari melalui telepon seluler kepada detikcom, Selasa (27/10/2020).

Katanya, pemesan mayoritas adalah dari lokasi yang berdekatan dengan Banten. Seperti dari Tangerang Raya yang relatif masih memilih wisata pantai di pesisir Banten.

Kesempatan libur panjang ini, katanya betul-betul dimaksimalkan dan jadi kesempatan hotel dan restoran untuk bisa mendapatkan pelanggan. Ia sendiri memprediksi libur panjang ini hotel bisa 90-100 persen terpesan oleh wisatawan.

"Kondisi sekarang nggak bisa dipungkiri 100 persen harus dijual karena kesempatan long week end ini," ujarnya.

Namun, meski pemesanan sudah mulai ramai, hotel lanjutnya tetap diminta untuk melakukan protokol kesehatan. Antara PHRI dan gugus tugas termasuk dengan Polda Banten telah melakukan kesepakatan agar libur panjang ini aman dari penyebaran virus Corona.

Pihak hotel juga, sudah diberikan sosialisasi oleh PHRI. Mereka wajib menyediakan fasilitas protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan pemerintah.

"Kebersihan pelayanan harus maksimal, keamanan sudah pasti karena sudah MOU dengan Polda," pungkasnya.

(bri/mud)