Lakukan Tes Acak, Ridwan Kamil: Wisatawan Jangan Kaget Dihentikan Petugas

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 17:05 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil jalani pengambilan darah di Puskesmas Garuda.
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Istimewa).
Bandung -

Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Jawa Barat akan melakukan swab test (tes usap) dan rapid test secara acak kepada pemudik dan wisatawan pada libur panjang akhir pekan ini. Pemeriksaan acak akan dipusatkan di Tol Cikopo dan sejumlah kawasan wisata di Jawa Barat.

"Kita siaga satu dimulai dari besok. Jadi besok polisi di Jabar itu sudah bergerak ke lapangan untuk mengamankan pergerakan dari titik pergerakan, khusus di jalan tol dipusatkan di Cikopo. Ada penebalan petugas juga di daerah wisata di Lembang, Puncak dan lain-lain," kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (26/10/2020).

"Dan ada yang berbeda adalah mohon maaf, para pemudik, wisatawan akan di tes swab dan rapid test secara acak. Jangan kaget jika naik mobil atau motor di perjalanan pariwisata akan diberhentikan dengan baik dan sopan oleh tim satgas dan kepolisian. Akan di random sampling swab PCR dan rapid test, kita berdoa semoga tidak ada yang tersampling positif, bila ada ini yang harus kita sempurnakan," ujar pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Selain itu untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19, Kang Emil juga meminta komitmen dari pengelola objek wisata terkait pembatasan kapasitas pengunjung dan fasilitas protokol kesehatan.

"Kalau janji 50 persen ya disiplin 50 persen, hiburan malam juga sama kita akan datangi untuk melakukan pengetesan. Karena pariwisata outdoor siang hari untuk mencari kegembiraan dan ada juga yang malam hari untuk mencari hiburan, saya imbau kepada kafe dan restoran bar yang menyelenggarakan hiburan malam, memastikan dari sekarang pengaturan jarak, meja makan dan sirkulasi udara jangan sampai ditemukan dalam skala besar sehingga terjadi penutupan," ujarnya.

(yum/mso)