Rumah Warga Pangandaran Terbakar Gegara Trafo Pengisian Aki Meledak

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 26 Okt 2020 08:19 WIB
poster
Ilustrasi kebakaran (Foto: Edi Wahyono)
Pangandaran -

Musibah kebakaran rumah terjadi di Dusun Bojongsari, Kabupaten Pangandaran, Minggu (25/10) malam. Api mengamuk di rumah milik Nisman Siswanto (35), warga setempat, hingga mengakibatkan rumah dan seisinya hangus terbakar.

Tak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa kebakaran tersebut. Hanya saja kerugian materi ditaksir lebih dari Rp 15 juta. Kini Nisman, istri dan keempat orang anaknya kehilangan tempat tinggal.

Informasi yang dihimpun kebakaran berawal ketika malam itu Nisman berniat mengisi ulang accu di rumahnya. Namun entah akibat terlalu lama digunakan atau faktor lain, trafo alat pengisi ulang daya aki panas dan meledak dan melelehkan kabel.

Kejadian ini menimbulkan percikan api, sementara bangunan rumah Nisman mayoritas berbahan kayu. Tak pelak lagi api langsung berkobar hebat.

"Penyebab kebakaran diduga dari instalasi pengecasan aki. Trafonya meledak lalu memicu kebakaran," kata Ketua Tagana Pangandaran Nana Suryana, Senin (26/10/2020).

Saat kebakaran terjadi warga sekitar langsung berusaha memadamkan api. Tapi sudah terlalu besar dan menghanguskan seluruh bangunan rumah. Warga dan aparat pemerintahan setempat kemudian membantu membereskan puing sisa kebakaran.

"Keluarga korban untuk sementara tinggal di rumah kerabatnya," ujar Nana.

(bbn/bbn)