Siapkan Payung! Jabar Diprediksi Akan Diguyur Hujan Akhir Pekan Ini

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 23 Okt 2020 09:54 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Foto: Ilutrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom).
Bandung -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan sedang hingga lebat akan mengguyur sebagian wilayah Jawa Barat antara sore hingga menjelang malam hari dalam akhir pekan ini, 23 dan 24 Oktober 2020.

Seperti dilihat detikcom dari laman BMKG (bmkg.go.id), sejumlah daerah yang akan diguyur hujan disertai petir, yakni wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sebelumnya, BMKG sebelumnya telah merilis informasi yang menyatakan bahwa saat ini tengah terjadi fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang (moderate).

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangannya mengatakan fenomena La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian wilayah.

"Dampak La Nina terhadap curah hujan di Indonesia tidak seragam, baik secara spasial maupun temporal, bergantung pada: musim/bulan, wilayah, dan kekuatan La Nina sendiri," ujar Guswanto dikutip dari laman BMKG.

Selain pengaruh sirkulasi angin monsun dan anomali iklim di Samudera Pasifik, penguatan curah hujan di Indonesia juga turut dipengaruhi oleh penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur berupa gelombang MJO (Madden Julian Oscillation) dan Kelvin, atau dari timur ke barat berupa gelombang Rossby.

Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya aktivitas MJO di atas wilayah Indonesia, yang merupakan kluster/kumpulan awan berpotensi hujan.

Aktifitas La Nina dan MJO pada saat yang bersamaan ini dapat berkontribusi signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Tonton video 'Menhub Pastikan Instruksi Hadapi Curah Hujan Tinggi Sesuai Arahan Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/mso)