Pilbup Bandung 2020

Hari Santri, Cabup Dadang Supriatna Janji Beri Perhatian untuk Ponpes

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 17:37 WIB
Cabup Bandung Dadang Supriatna
Foto: Cabup Bandung Dadang Supriatna (Istimewa).
Kabupaten Bandung -

Calon Bupati Bandung nomor urut tiga Dadang Supriatna berjanji akan memberikan perhatian pada pesantren. Janji tersebut disampaikannya di tengah momen Hari Santri Nasional yang kelima.

"Saya ucapkan selamat Hari Santri Nasional yang kelima. Semoga santri terus berguna untuk negeri," ujar Dadang, seperti dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (22/10/2020).

Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi salah satu pesantren yakni di Pesantren Sinapeul Badrul Ulum, Pacet, Kabupaten Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya mengatakan akan memberikan perhatian lebih pada pesantren. Dadang mengatakan, janji tersebut dinilai tidak omong belaka, pasalnya dijamin dalam Undang-Undang Pesantren No 8 tahun 2019.

"Jika terpilih, saya akan membuatkan RJPMD 2021 sampai dengan 2026 untuk penganggaran pesantren maupun diniyah. Hal itu sesuai dengan Undang-undang Pesantren no 8 tahun 2019 yang sudah disahkan oleh pemerintah pusat," ujarnya.

Saat ini, kata Dadang, lulusan pesantren bukan hanya pandai dalam bidang agama saja. Namun, ia ingin mendorong lulusan pesantren untuk memiliki softskill yang dapat menunjang kebutuhan ekonomi di masa mendatang.

"Program Bupati ke depan akan mendorong santri, dalam penciptaan lapangan kerja, bukan hanya mahir dalam ilmu agama," katanya.

Selain itu, di kesempatan yang lain, Dadang pun sempat mengunjungi salah satu wilayah di Rancaekek. Ketika di sana, dirinya mendapatkan keluhan warga yang rumahnya sering kali terdampak banjir.

Mendengar keluhan tersebut, dirinya pun spontan langsung menerjunkan satu alat berat untuk mengeruk sungai yang sering kali airnya meluap ke pemukiman warga.

"Saya sendiri kan korban banjir di lingkungan saya di Bojongsoang. Rumah saya selalu kebanjiran kalau Sungai Citarum meluap di musim hujan. Jadi, saya sendiri sangat berempati. Warga di Desa Bojongloa Rancaekek ini pun sudah bertahun-tahun menjadi langganan banjir. Karena itu begitu warga meminta dilakukan pengerukan Sungai Cikeruh, saya terjunkan langsung backhoe untuk pengerukan sungai," kata Kang DS sapaan akrabnya itu.

Simak video 'Santri Panjat Tiang Bendera saat Upacara di Gorontalo':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)