Cegah Pelanggaran Prajurit, Kodam Siliwangi Minta Dansat Perkuat Pengawasan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 15:43 WIB
Kodam Siliwangi III minta dansat perkuat pengawasan prajurit
Kodam III Siliwangi minta dansat perkuat pengawasan prajurit (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Kodam III Siliwangi meminta para komandan satuan (Dansat) untuk meningkatkan pengawasan terhadap prajurit. Hal ini guna mencegah terjadinya pelanggaran oleh prajurit.

Hal itu diungkapkan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dalam amanatnya yang dibacakan Irdam Brigjen TNI Asep Syaripuddin dalam kegiatan penataran hukum kepada Danyon hingga Dandim di Rindam III Siliwangi, Jalan Menado, Kota Bandung, Rabu (21/10/2020). Kodam III sendiri masih menemukan adanya pelanggaran oleh prajurit.

"Kita semua bersyukur karena jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit Kodam III/Siliwangi beberapa tahun terakhir ini mengalami penurunan. Namun bukan berarti tidak ada kasus pelanggaran.
Sampai dengan akhir bulan September 2020 lalu, masih ditemukan pelanggaran yang melibatkan Prajurit Kodam III/Siliwangi," ucap Asep.

Menyikapinya hal itu, kata Asep, para komandan satuan diminta untuk melakukan pengawasan melekat. Terlebih para komandan diminta untuk meningkatkan pembinaan satuan guna mencegah terjadinya pelanggaran.

"Tingkatkan pengawasan melekat terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan prajuritnya baik dalam dinas maupun di luar dinas," katanya.

"Tingkatkan pelaksanaan Bintal (pembinaan mental), penyuluhan hukum, disiplin dan tata tertib, serta lakukan evaluasi setiap pelanggaran yang terjadi di masing-masing satuan sebagai tolok ukur keberhasilan dalam Binsat (pembinaan satuan)," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, guna penanganan hukum terhadap kepada prajurit, para komandan satuan dari mulai Danyon hingga Dandim mendapat pembekalan dengan materi hukum. Materi dalam kegiatan bertajuk 'Mobile Training Team' diberikan oleh Tim penataran dari Ditkum AD.

Sebab, kata Asep, seorang komandan satuan mempunyai peranan penting di dalam pembinaan satuan salah satunya adalah pembinaan personel. Dalam hal ini pembinaan hukum, sehingga seorang komandan harus mengoptimalkan hukum sebagai fungsi komando.

"Saya menyambut baik kegiatan Mobile Training Team Hukum Sebagai Fungsi Komando bagi para Dandim/Danyon setingkat, Pejabat Personel dan Intel/Pam Satuan Jajaran Kodam III/Siliwangi, karena merupakan salah satu upaya dari Pimpinan TNI AD untuk mengingatkan kembali pemahaman tentang Hukum Sebagai Fungsi Komando bagi para Dandim/Danyon baik sebagai Ankum maupun Perwira Penyerah Perkara (Pepera), serta Pejabat
yang menangani bidang Personel dan Intel/Pam dalam rangka pembinaan dan penegakan hukum di satuannya," katanya.

(dir/mud)