4 Rumah di Bandung Barat Rusak Akibat Ledakan Tabung Gas Melon

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 15:01 WIB
Empat rumah di Bandung Barat rusak terkena ledakan gas
Empat rumah di Bandung Barat rusak terkena ledakan gas (Foto: Istimewa)
Bandung Barat -

Empat rumah di Kampung Cibacang, Desa Cimerang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat mengalami kerusakan akibat ledakan tabung gas 3 kilogram.

Ledakan tabung gas tersebut berasal dari rumah milik warga setempat atas nama Tatang (51). Tabung gas tersebut meledak pada Rabu (21/10/2020) pagi hari.

"Betul ada kejadian tabung gas meledak tadi pagi. Karena kebocoran dari tabung gas milik warga yang meledak terus merusak empat rumah lainnya karena posisinya berdempetan," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat, Duddy Prabowo.

Tak hanya merusak empat rumah milik warga lainnya, ledakan itu juga menyebabkan istri pemilik rumah yang tabung gas itu mengalami luka bakar.

"Kalau istrinya kebetulan ada di dapur akhirnya jadi korban dan mengalami luka bakar. Sekarang sudah dilarikan ke RS Kharisma Cimareme, lukanya tidak terlalu parah juga," katanya.

Saat ini pihaknya langsung melakukan assessment pascakejadian ledakan tersebut. Para pemilik rumah yang terdampak langsung diungsikan ke kerabat terdekat.

"Untuk sementara rumah tidak bisa ditinggali, sekarang kita juga sedang lakukan assessment dampak kerusakan," terangnya.

Pihaknya mengimbau agar warga selalu mengecek keamanan tabung gas dan regulator sebelum digunakan untuk menghindari ledakan tabung gas hingga menimbulkan kerusakan dan korban.

"Kalau sekiranya ada bau gas bocor langsung cabut selang gas, bawa ke tempat lapang dan jangan dinyalakan karena jelas akan menyebabkan ledakan," tandasnya.

(mud/mud)