Duh, Tiga Kamera Pengintai Macan Tutul di Taman Nasional Gunung Ceramai Dicuri

Bima Bagaskara - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 12:24 WIB
Kepala Balai TNG Ciremai Kuswandono.
Foto: Bima Bagaskara
Kuningan -

Tiga unit kamera pengintai macan tutul yang terpasang di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) hilang dicuri. Hal itu dibenarkan Kepala Balai TNGC Kuswandono.

"Ada tiga unit kamera pengintai yang hilang karena dicuri, letaknya di Kuningan dan Majalengka," kata Kuswandono saat dihubungi detikcom Rabu (21/10/2020).

Menurut Kuswandono hilangnya tiga kamera pengintai tersebut diduga dicuri oleh orang tidak bertanggung jawab. Pasalnya kecil kemungkinan kamera itu hilang dibawa oleh binatang.

Pihaknya telah melaporkan kehilangan tersebut ke pihak kepolisian. "Kemungkinan besar dicuri orang, kalau binatang sepertinya tidak mungkin. Kita sudah lapor polisi juga," lanjutnya.

Kuswandono menjelaskan tiotal ada 20 kamera pengintai yang dipasang di beberapa titik kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Kamera-kamera itu difungsikan untuk memantau perkembangan satwa yang ada, terutama spesies macan tutul dan elang jawa.

Masih kata Kuswandono, populasi macan tutul di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dari hasil pemantauan diperkirakan jumlahnya bertambah.

"Kalau dari pemantauan dan keterangan pendaki kemungkinan bertambah jumlahnya. Karena banyak yang melihat macan tutul yang berbeda ukuran, diperkirakan sekarang ada tiga atau empat ekor," ucap Kuswandono.

Ia pun memastikan akan terus melakukan monitoring untuk mengawasi perkembangan macan tutul dan satwa lainnya termasuk memonitor kondisi kamera pengintai yang terpasang.

(ern/ern)