Setahun Jokowi, Demonstran Bakar Ban-Bawa Keranda di Istana Bogor

M. Sholihin - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 14:11 WIB
Sejumlah mahasiswa melakukan aksi memperingati satu tahun pemerintahan Jokowi-Maruf Amin di sekitar istana bogor. Mereka membakar ban dan membawa keranda menuju Istana Bogor.
Aksi demonstran di Bogor. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Sejumlah mahasiswa melakukan aksi memperingati satu tahun pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin di sekitar Istana Bogor. Demonstran membakar ban dan membawa keranda.

Pantauan detikcom, Selasa (20/10/2020), aksi mahasiswa saat ini masih berlangsung di Jalan Sudirman atau sekitar 200 meter dari gerbang utama Istana Bogor. Mereka berorasi secara bergantian mengkritik pemerintah. Dalam aksinya, mereka juga membawa keranda sebagai simbol. Di sela orasi, mahasiswa sempat membakar ban di depan kawat berduri.

Aksi demonstran dilakukan depan kawat berduri yang dipasang petugas sebagai pembatas agar pendemo tidak mendekati istana. Di balik kawat berduri, ratusan petugas bersiaga dan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Polwan dari Polresta Bogor Kota bersiaga di barisan depan dan dilapisi pasukan Anti Huru-Hara. Dua unit kendaraan water cannon juga disiagakan di depan pintu utama Istana Bogor.

Aksi mahasiswa yang berlangsung sejak sekitar pukul 12.00 WIB mengakibatkan sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan parah. Petugas Satlantas juga melakukan rekayasa dan menutup dan mengalihkan arus menunu Istana Bogor. Kendaraan dari arah Warung Jambu yang hendak menuju Jalan Jalak Harupat terpaksa dialihkan sementara ke Jalan Pengadilan.

Kemudian, penutupan juga dilakukan di Jalan Raya Pajajaran tepatnya seputaran Tugu Kujang menuju Jalan Otista. Kendaraan dari arah Warung Jambu menuju BTM dialihkan ke arah Baranangsiang.

Selain itu, kendaraan dari arah Ciawi melalui Jalan Otista yang hendak ke Jalan Djuanda dialihkan ke Empang. Terakhir, kendaraan dari arah Jalan Kapten Muslihat dialihkan ke Jalan Paledang dan selanjutnya contraflow ke arah Mall BTM menuju Empang.

(bbn/bbn)