Setahun Jokowi, Ribuan Buruh Tutup Jalan Cileunyi - Bandung

Muhammad Iqbal - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 12:26 WIB
Setahun Jokowi, ribuan buruh tutup jalan Cileunyi - Bandung
Setahun Jokowi, ribuan buruh tutup jalan Cileunyi - Bandung (Foto: Muhammad Iqbal)
Bandung -

Buruh di sejumlah daerah kembali turun ke jalan menolak UU Cipta Kerja. Seperti dilakukan ribuan buruh di Bandung yang melakukan long march dan menutup jalan Cileunyi - Bandung.

Aksi turun ke jalan kali ini bertepatan pula dengan momentum satu tahunnya pemerintahan Jokowi - Maruf Amin.

Seperti pantauan detikcom sekira pukul 10.00 WIB, ribuan buruh berbaju merah dan hitam mulai berjalan kaki dari Rancaekek atau depan pabrik Kahatex menuju Cileunyi.

"Kita bersama mahasiswa, tani, pelajar, pemuda, saya mohon kepada peserta aksi kita jangan dipaksakan dulu. Karena musuh kita bukan aparat hari ini. Hari ini kita dihadang oleh pihak kepolisian. Tugas polisi melindungi rakyatnya, jangan membuat provokasi," kata salah satu Koodinator Aksi Slamet Priyatno dalam orasinya, Selasa (20/10/2020).

"Yang membuat provokasi adalah pemerintah itu sendiri. Kenapa? Kita menutup jalan katanya salah, padahal pemerintah menutup demokrasi kepada rakyatnya. Tapi tidak disalahkan," menambahkan.

Baru pada pukul 11.10 WIB, massa aksi sampai di titik pertigaan Cileunyi. Tersisa beberapa kilometer menuju gerbang Tol Cileunyi.

"Karena UU Cipta kerja bukan hanya merugikan elemen petani, pekerja , mahasiswa. Tapi seluruh rakyat yang mengalami dampaknya nanti," ujar Slamet.

Di sisi lain, terlihat pula ratusan petugas kepolisian yang mengamankan aksi tersebut. Sejumlah petugas kepolisian Sabhara dilengkapi dengan sebuah tameng untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi bentrok.

(mud/mud)