Musim Hujan, Bunga Bangkai 'Suweg' Kembali Muncul di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 20 Okt 2020 11:05 WIB
Bunga bangkai kembali muncul di Ciamis
Bunga bangkai kembali muncul di Ciamis (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Musim hujan sudah berlangsung beberapa pekan ke belakang dengan intensitas cukup tinggi. Selain menimbulkan bencana longsor, tapi ada fenomena menarik yang ada di Kabupaten Ciamis. Selalu ada bunga bangkai yang ditemukan di pekarangan atau kebun warga.

Seperti yang ditemukan di Dusun Cimamut, Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Selasa (20/10/2020). Muncul bunga bangkai 'suweg' yang lokasinya di area persawahan dan kolam warga.

Bunga yang memiliki nama latin Amorphophallus mulai muncul sejak beberapa hari lalu masih dalam kondisi kuncup. Tingginya sekitar 30 sentimeter dengan lebar diameter sekitar 15-20 sentimenter. Namun bila sudah mekar diperkirakan diameter akan lebih besar.

Saat masih kuncup bunga tersebut biasanya belum mengeluarkan bau tidak sedap. Namun ketika sudah mekar sempurna baru mengeluarkan bau dan tak jarang dihinggapi lalat.

Bunga bangkai tersebut kini menjadi perhatian warga setempat. Banyak yang penasaran untuk melihat bentuk bunga yang jarang ditemukan itu. Karena kemunculan bunga bangkai di wilayah tersebut baru pertama kali.

Cahyo, (60), pemilik lahan mengaku beberapa tahun lalu sempat menanam sejumlah pohon suweg (umbi-umbian) di area persawahan dan kolam. Namun baru kali ini muncul bunga bangkai tersebut. Dari beberapa pohon yang muncul hanya satu bunga saja, sedangkan yang lainnya hanya jadi pohon suweg biasa saja.

"Memang untuk bisa berbunga bangkai ini sangat langka. Saya pernah mengetahuinya itu waktu masih kecil tapi itu juga tidak setiap tahun bisa melihat karena kalau sudah tumbuh sekali jarang yang tumbuh lagi ditempat yang sama. Biasanya muncul pada musim hujan saja," ujar Cahyo.

Cahyo mengaku senang bisa kembali menyaksikan bunga bangkai dari pohon suweg tersebut. Karena terakhir kali ia melihat bunga tersebut sejak ia masih kecil.

"Ya senang, dulu memang saya cari tahu bunga ini dari pohon apa. Lalu saya coba tanam beberapa tahun menunggu dan berhasil tumbuh bunga bangkai ini," jelas Cahyo.

Fenomena kemunculan bunga bangkai ini terjadi hampir setiap tahun saat musim hujan di Ciamis. Namun tidak pernah ditemukan dua kali di tempat yang sama.

Seperti di tahun 2018, bunga bangkai ditemukan di daerah Munjul, Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Sedikitnya ada 5 buah bunga ditemukan di pekarangan dan kebun warga.
Pada tahun 2013 lalu, bunga bangkai ditemukan oleh warga Dusun Cibiru, Desa Sadananya, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.

Sekadar diketahui, bunga bangkai atau bunga dari pohon suweg tersebut masih satu kerabat dengan bunga bangkai raflesia arnoldi. Bahkan bunga bangkai tersebut menyerupai salah satu ikon Kabupaten Ciamis. Tepatnya terdapat tugu air mancur bunga bangkai di Taman Alun-alun Ciamis.

(mud/mud)