Angka Kesembuhan Tinggi, Kuningan Kembali ke Zona Orange

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 21:05 WIB
Poster
ilustrasi (Foto: Edi Wahyono)
Kuningan -

Level kewaspadaan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang sebelumnya berada di zona merah pada Senin (19/10/2020) turun menjadi zona orange.

Turunnya level kewaspadaan tersebut diakui Satgas Penanganan Covid-19 lantaran tingginya tingkat kesembuhan orang yang terkonfirmasi positif.

"Sesuai target kita dalam satu minggu levelnya bisa turun ke zona orange. Ini karena tingkat kesembuhan tinggi baik di klaster ponpes maupun di wilayah lainnya," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuningan Agus Mauludin.

Selain itu menurunnya tingkat sebaran kasus baru yang terjadi di Kabupaten Kuningan akhir-akhir ini juga turut andil membuat level kewaspadaan Kabupaten Kuningan jadi zona orange.

"Yang sembuh tambah banyak, yang positif menurun. Sebaran di wilayah lain juga sedikit. Itu yang menyebabkan zona turun ke level orange," lanjut Agus.

Setelah turun ke zona orange kata Agus, Kabupaten Kuningan menargetkan level kewaspadaan bisa kembali turun ke zona kuning pada pekan depan.

Pihaknya juga terus berupaya menekan sebaran covid-19 selain dengan strategi 3T (testing, tracing dan treatment) juga menerapkan pengawasan ketat terhadap penerapan protokol kesehatan.

"Targetnya minggu depan bisa turun ke zona kuning. Satgas gabungan akan terus berupaya menekan sebaran kasus," pungkas Agus.

(mud/mud)