Ridwan Kamil Minta Jatah 3 Juta Vaksin untuk Bodebek

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 17:29 WIB
Vaksin Virus Corona Menuju RI
(Foto: Vaksin Virus Corona Menuju RI (Tim Infografis Fuad Hasim)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajukan sebanyak 3 juta vaksin untuk wilayah Bodebek. Pada gelombang satu ini, ada 9 juta vaksin untuk Indonesia.

"Respons persiapan gelombang satu vaksin 9 juta ke RI, dan arahnya ke epidemiologinya tinggi. Jabar mengajukan 3 juta vaksin untuk Bodebek," ucap Kang Emil sapaannya di Makodam III Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung, Senin (19/10/2020).

Emil mengatakan Bodebek sendiri akan melakukan simulasi penyuntikan vaksin. Adapun di Bodebek, ada 1.000 tenga penyuntik vaksin yang sudah dilatih.

"Apakah memadai atau ditambah," kata dia.

Seperti diketahui, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto mengatakan pemerintah sudah mendapatkan kepastian dari perusahaan vaksin China, Sinovac, Sinopharm, dan Cansino. Nantinya pada November hingga Desember akan ada 9,1 juta orang yang dapat divaksinasi.

Yuri mengatakan Sinovac memberikan komitmen kepada Indonesia untuk dapat membeli vaksin dalam bentuk jadi sebanyak 2 kali pengiriman. Pertama pada bulan November akan dikirimkan 1,5 juta dan di bulan Desember 1,5 juta vaksin. Vaksin Sinovac dibutuhkan 2 kali dosis sehingga total yang bisa divaksinasi adalah 1,5 juta orang.

"Kalau kita lihat karakteristik Sinovac, maka pembeliannya dual use. Jadi 1 orang di suntik vaksin dasar dan 14 hari kemudian booster, maka angka 2 kali 1,5 juta ini bisa digunakan untuk menyuntik 1,5 juta orang 2 kali pengiriman," kata Yuri, dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Kemenkes RI, Senin (19/10/2020).

(dir/mud)