Dinkes Bandung Sebut Ribuan Swab Test Nakes Selesai November

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 13:45 WIB
poster
Ilustrasi nakes (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Dinas Kesehatan (Dinkes) menyatakan sedang melakukan swab test massal kepada ribuan tenaga kesehatan di Kota Bandung. Pemeriksaan tersebut ditargetkan akan selesai pada November mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Bandung Rita Verita mengatakan, hingga saat ini proses swab test nakes belum selesai dan para nakes dipastikan dilarang bepergian atau bekerja sekalipun sambil menunggu hasil swab.

"Kita kumpulkan, mereka masih berjalan nakes dan belum selesai karena prinsipnya nakes yang diperiksa tidak boleh kemana-mana minimal tiga hari sebelum keluar hasil swab," kata Rita di Balai Kota Bandung, Senin (19/10/2020).

Adapun untuk pelayanan fasilitas kesehatan tetap berjalan seperti biasanya dengan pengaturan jadwal SDM tenaga kesehatan. "Mereka membagi jadwal seluruh SDM di fasilitas layanan kesehatan mereka jadwal," ujarnya.

Dia mengatakan, hasil swab akan diberikan kepada Dinas Kesehatan setelah keseluruhan tenaga kesehatan selesai melakukan swab. "Dan laporan pun belum semua mungkin menunggu semua selesai baru dilaporkan. Itu berakhir di bulan November, karena memang ada sistem menunggu," kata Rita.

Sekedar diketahui, pada 18 September 2020 lalu mulai dibuka pendaftaran swab test bagi tenaga kesehatan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya deteksi penyebaran COVID-19.

(mud/mud)