Jabar Sepekan: Teror 'Kuyang' di Baleendah-Habib Bahar Menang di PTUN

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 21:50 WIB
Habib bahar smith bebas
Foto: istimewa
Bandung -

Beragam peristiwa terjadi di Jawa Barat dalam sepekan, dari mulai cerita teror kuyang di Kabupaten Bandung hingga mobil eks DPR RI Wa Ode Nur Zainab dirusak sekelompok orang tidak dikenal di Puncak Cianjur.

Berikut lima berita populer yang dirangkum redaksi di Jabar selama sepekan terakhir.

Warung Abah Wardja di Cirebon, Seperti Balik ke Era Tahun 90-an

Warung Abah Wardja jadi salah satu wisata kuliner yang patut dijajal traveler di Cirebon. Suasana di warung ini seperti balik ke era tahun 90-an.

Bagi traveler yang berwisata di Cirebon, Jawa Barat, Warung Abah Wardja 90-an menyuguhkan menu tradisional yang menggugah nafsu makan.

Restoran berkonsep klasik atau zaman dulu ini berada di Jalan Soekarno-Hatta, Desa Kecomberan, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. Perabotan Warung Abah Wardja 90-an terbilang klasik. Kayu jati, petromaks, dan pernak-pernik lainnya menandakan khas tahun 90-an.

Pemilik Warung Abah Wardja 90-an Heru Abdi Yudha sengaja memilih menyajikan menu tradisional dengan nuansa restoran yang klasik. Mayoritas menu yang disajikan adalah aneka rebusan, seperti pisang, kacang, sukun, talas dan lainnya.

Kendati demikian, Heru tetap menyajikan pilihan bagi pengunjung yang ingin menikmati aneka menu gorengan. Warung Abah Wardja 90-an juga menyajikan aneka wedang.

"Ada bajigur, wedang jahe, bandrek, teh dan lainnya. Untuk menu makanannya juga tradisional, ada sayur asem, sayur cabai hijau, pepes, asinan dan lainnya," kata Heru saat berbincang dengan detikcom, Minggu (11/10/2020).

Pengunjung dapat menyaksikan langsung proses pembuatan makanan dan minumannya. Posisi dapurnya berada di bagian depan. Proses memasaknya menggunakan tungku dan kayu bakar, menguatkan kesan klasik di wisata kuliner ini.

"Pekerja di sini juga mengenakan pakaian zaman dulu. Lokasi warung ini berada di pinggiran kota. Jadi, kesan pedesaan dan zaman dulunya sangat terasa," kata Heru.

Selain itu, pengunjung juga dimanjakan dengan alunan musik 1990-an. Hamparan sawah di sekitar warung juga seolah menambah kesan tradisional di wisata kuliner ini.

Jika cuaca cukup cerah, maka pengunjung dapat menyaksikan pemandangan Gunung Ciremai di sebelah kanan Warung Abah Wardja 90-an. Mengenai harga makanan dan minumannya, Heru memastikan ramah di kantong pengunjung. Setiap menu makanan dan minuman hanya dibanderol Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu per itemnya.

"Konsepnya ala carte, pengunjung bisa memilih menu sendiri, dan hanya membayar yang disantapnya," kata Heru di Cirebon.

Pesona Intan, Penjaga Warung yang Disebut Mirip Anya Geraldine

Kecantikan penjaga warung bernama Intan Rose sungguh mempesona. Bukan hanya parasnya cantik, gadis asal Cianjur yang baru lulus kuliah ini juga disebut mirip artis sekaligus selebgram Anya Geraldine.

Wajah cantik Intan yang tengah menjaga warung itu kemudian viral setelah video TikTok yang memperlihatkan banyaknya pembeli. Pesona dan keramahan Intan membuat remaja hingga pria dewasa betah berlama-lama nongkrong di warung Intan.

Bahkan dalam video berdurasi 29 detik itu menunjukkan Intan yang harus bersusah payah menyuruh beberapa orang remaja untuk pulang lantaran dirinya ingin istirahat.

"Jadi ini sudah jam setengah sepuluh (malam), dan aku tuh udah cape pengen tutup. Tapi liat, mereka mereka ini ngotot enggak mau pulang. Pulang... Pulang... Pulang..., ini alesannya aku gak bisa hidup sehat, karena tidurnya selalu larut malam," ucap Intan dalam videonya.

Di dalam video itu Intan juga menanyakan kenapa mereka tidak kunjung mau pulang. Dengan polosnya salah seorang remaja menjawab jika adanya Intan membuat mereka betah.

"Kenapa kalian enggak mau pulang?" ucap Intan.

"Karena ada teteh (Intan)," jawab remaja tersebut.

Siapa sangka videonya itu viral lantaran banyak yang berkomentar jika Intan mirip dengan Anya Geraldine. Videonya itupun banyak disebar ke berbagai akun media sosial.

Di akun Instagram @Otakkanann misalnya, postingan gadis penjaga warung Cianjur mirip Anya Geraldine itu di tonton 8.700 pengguna dan dikomentari ratusan orang.

Intan yang merupakan nak bungsu dari tiga bersaudara ini mengaku tidak menyangka jika dirinya akan sangat viral dan disebut mirip dengan Anya Geraldine.

"Biasanya memang ada yang repost video tiktok Intan, karena memang kalau lagi sepi suka iseng bikin video tiktok atau posting foto di instagram. Tapi kalau sampai seviral ini tidak pernah nyangka. Apalagi disebut mirip Anya. Intan juga bingung kenapa banyak yang sebut mirip," ungkap Intan saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (15/10/2020).

Sarjana Fakultas lmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia ini mengaku sejak viral, followernya yang semula hanya 2.000 naik pesat hingga 12 ribu follower.

Tak hanya terkenal di media sosial, warung tempatnya berjualan pun banyak yang datang untuk sekadar nongkrong atau belanja. Kedatangan mereka tidak lain penasaran dengan paras cantik Intan yang mirip selebgram Anya.

"Warung jadi rame, followers Instagram juga bertambah banyak. Pastinya jadi senang," kata dia.

Meski senang dirinya viral dan banyak diundang sejumlah acara di stasiun televisi swasta, Intan mengaku tidak akan larut dalam keviralannya.

Ia mengaku tetap akan meneruskan hidup dan bersikap seperti biasanya. Bahkan ia berkeinginan untuk mengejar cita-citanya menjadi guru.

"Intan bakal tetap jadi Intan, gak akan berubah karena viral. Mungkin jadi akan aktif di media sosial, tapi tetap ingin jadi guru atau kerja untuk bantu-bantu mamah," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3