Meli dan Reno, Domba Unik Bertanduk Empat di Majalengka

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 11:26 WIB
Dua Domba Bertanduk Empat di Majalengka
Keberadaan domba bertanduk empat di Majalengka ini menyita perhatian banyak orang. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)
Majalengka -

Tempat penjualan domba di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, mendadak ramai didatangi banyak orang. Dua ekor domba bernama Meli dan Reno di Aljun Farm itu membetot perhatian khalayak.

Domba Garut tersebut memiliki keunikan. Tanduknya empat.

Wais, pegawai Aljun Farm mengatakan, dua ekor domba jantan itu berusia 2,5 tahun. Menurutnya, domba memiliki empat tanduk sangat jarang.

"Domba tanduk empat ini tergolong langka dan unik. Domba tanduk empat ini karena faktor genetik dan langka, perbandingannya satu banding sepuluh ribu ekor," ucap Wais saat ditemui detikcom di Aljun Farm, Desa Majasari, Kecamatan Ligung, Majalengka, Jumat (16/10/2020).

Dua Domba Bertanduk Empat di MajalengkaDomba bertanduk empat di Majalengka. (Foto: Bima Bagaskara/detikcom)

Ia mengungkapkan Meli dan Reno didapat dari seorang peternak domba di Garut yang kemudian dibawa ke Aljun Farm untuk dirawat dan dibesarkan. Domba bertanduk empat memiliki sedikit perbedaan karakter dengan domba Garut biasa.

Wais menyebut domba bertanduk empat lebih kalem dan tidak agresif. "Perbedaan perilaku tidak terlalu agresif seperti domba Garut lainnya, ini lebih tenang karena genetiknya sedikit berbeda meski sama-sama domba Garut," tuturnya.