Situs Bawaslu Kabupaten Bandung Diretas, Hacker Tulis Sebuah Pesan

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 09:36 WIB
Situs Bawaslu Kabupaten Bandung diretas, hacker sisipkan sebuah pesan
Situs Bawaslu Kabupaten Bandung diretas, hacker sisipkan sebuah pesan (Foto: Tangkapan layar website)
Bandung -

Situs Bawaslu Kabupaten Bandung diretas. Hacker tersebut meninggalkan pesan dan sebuah gambar di situs Bawaslu Kabupaten Bandung. Apa pesannya?

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga pada Bawaslu Kabupaten Bandung Hedi Ardia membenarkan bahwa situs beralamat www.bandungkab.bawaslu.go.id diretas.

"Ketahuan diretasnya pagi ini. Jadi tampilan Bawaslu ada foto seseorang yang ditahan kepolisian. Yang jelas kita ketahuannya hari ini. Terakhir saya cek pada hari Senin itu masih bisa. Kemungkinan apakah kemarin bisa saja tadi malam," ujarnya saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (14/10/2020).

Seperti dilihat detikcom pukul 09.00 WIB, peretas menyisipkan sebuah pesan, berikut pesannya.

'Hacked by Skizoroot ft. BlackSec1337. TAHAN PERUSAKNYA BUKAN PENJUALNYA. SAVE DAVID. #RIP_KEADILAN #SAVE DAVID CHU 404

Selain pesan tersebut, peretas menyisipkan pula sebuah foto sejumlah polisi yang sedang menampilkan seseorang yang mengenakan baju tahanan berwarna biru.

Menyoal pesan peretas, Hedi mengatakan, tidak begitu mengetahui apa maksud peretas. Tetapi, ia mengaitkan beberapa kemungkinan terkait kinerja Bawaslu di masa Pilkada ini.

"Hanya mungkin entah apa maksud dari peretas melakukan itu. Karena mungkin tensi (kinerja Bawaslu) akhir-akhir ini mulai meningkat,"

"Ya pesan peretas bisa bermakna banyak hal. Bisa mengirimkan pesan memang itu harus diperkuat, memang mengkritisi kinerja Bawaslu atau tidak senang kepada bawaslu. Itu kan bisa bermacam macam maknanya," katanya.

Atas kejadian tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bawaslu Jabar. Kemungkinan akan melaporkan kepada pihak kepolisian, Hedi belum bisa berkomentar.

"Kita akan lihat dulu serangannya (sebelum lapor ke kepolisian), apakah parah banget atau bisa dinormalkan kembali. Karena ini yang pegang panelnya dari provinsi Jabar. Walaupun operatornya di Kabupaten Bandung. Kita nanti harus komunikasi sama provinsi agar mencegah ini. Mudah -mudahan bisa berjalan lagi," ucapnya.

Kata Hedi, selain situs Bawaslu Kabupaten Bandung, sejumlah situ Bawaslu di daerah pun sempat diretas. Yakni, Bawaslu Poso, Bawaslu Bengkulu. Sementara Bawaslu Kota Bandung yang sempat diretas kini sudah pulih kembali.

(mud/mud)