29 Pelajar di Tangerang Diamankan Saat Mau Demo ke Jakarta

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 18:46 WIB
Puluhan pelajar Tangerang diamankan polisi saat mau demo ke Jakarta
Puluhan pelajar Tangerang diamankan polisi saat mau demo ke Jakarta (Foto: Istimewa)
Tangerang -

Sebanyak 29 pelajar setingkat SMP dan SMK diamankan Polresta Tangerang karena akan ikut berdemo di Jakarta terkait penolakan Omnibus Law. Mereka, kemudian didata kepolisian bersama Dinas Pendidikan.

Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, mereka ini rencananya akan ke Jakarta dengan cara menumpang ke mobil yang melintas di jalan. Bahkan ada siswa SMP yang jumlahnya delapan orang dan tidak tahu alasan kenapa mengikuti aksi di Jakarta.

"Karena berupaya ke Jakarta, tidak punya uang, nge-BM bonceng mobil. Tidak izin ke orang tua. Mohon kerja sama semua pihak terutama orang tua. Ini Dinas Pendidikan sudah memberi imbauan ke sekolah agar melarang ikut-ikutan demo," kata Ade dalam keterangan di Tangerang, Selasa (13/10/2020).

Sebagian siswa mengaku justru tidak tahu kenapa harus ikut-ikutan demo ke Jakarta. Mereka hanya mendapat notifikasi di media sosial agar pergi ke Jakarta.

"Ini untuk mencegah mohon kerja sama semua pihak bahwa situasi ini jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Tadi ada anak SMP, masih SMP ikutan demo dengan alasan ada notifikasi. Ditanya tujuannya tidak tahu," ujarnya.

Mereka setelah ini akan didata dan dimasukkan dalam catatan kepolisian. Jika sudah begitu, catatan tersebut katanya akan terekam dan bisa membuat mereka sulit membuat SKCK. Padahal, SKCK sendiri penting jika mereka membutuhkan catatan untuk persyaratan tertentu.

"Kalau kita catat keluar datanya itu. Ini imbauan ke masyarakat agar jangan melakukan yang melanggar hukum oleh karena itu berkegiatan dengan baik," pungkasnya.

(bri/mud)