Banjir Bandang di Garut Selatan, BPBD: Ratusan Rumah-3 Jembatan Terdampak

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 12:14 WIB
Banjir Bandang di Garut
Banjir bandang di Garut selatan. (Foto: istimewa)
Bandung -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar menginventarisasi data kerusakan akibat banjir bandang di selatan Kabupaten Garut. Hingga Senin (12/10/2020) pukul 10.00 WIB, BPDB mencatat ratusan rumah terendam dan tiga unit jembatan terdampak banjir bandang dari tiga kecamatan yang terdampak. Tiga kecamatan itu yakni Kecamatan Pameungpeuk, Cibalong dan Cikelet.

Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Provinsi Jawa Barat Budi Budiman Wahyu merinci 110 unit terendam genangan dengan tinggi muka air (TMA) 50 - 80 sentimeter dan satu unit jembatan turut terdampak di Kecamatan Cibalong.

Di Kecamatan Pameungpeuk petugas masih melakukan pendataan dengan TMA 100 - 150 cm dan dua unit jembatan terdampak. Sedangkan di Kecamatan Cikelet yang terdata hanya akses jalan saja yang tergenang. BPBD memastikan tidak ada korban jiwa dalam banjir bandang yang terjadi pada Senin (12/10) pukul 04.00 dini hari tersebut.

Budi menjelaskan situasi terkini di lokasi kejadian masih tergenang oleh air, sementara itu warga yang terdampak dievakuasi ke kantor kecamatan, koramil, polsek dan tempat yang aman lainnya.

"Pusdalops BPBD Provinsi Jawa Barat memantau dan melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Garut, serta melakukan asesmen ke lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan aparat desa setempat," tutur Budi.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut Tubagus Agus Sofyan, mengatakan banjir bandang ini terjadi di dua kecamatan. "Kecamatan Pameungpeuk dan Cibalong. Di Pameungpeuk sebagian warga sudah kita evakuasi ke tempat lebih aman," kata Tubagus.

Banjir bandang terjadi diduga akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Garut sejak Minggu (11/10) sore kemarin. Berdasarkan informasi yang dihimpun, air dari sungai-sungai di sana mulai naik ke permukaan jalan dan merendam rumah warga sejak pagi tadi.

(yum/bbn)