Round-Up

Lika-liku Perjuangan Meli Nuryani, Putri Petani Cianjur Jadi Bintang Dangdut

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 14:25 WIB
Meli Nuryani
Rumah panggung keluarga Meli Nuryani (Foto: foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Hidup dengan penuh kesederhanaan dengan orang tua yang hanya berprofesi petani tidak membuat Meli Nuryani patah semangat mengejar impiannya menjadi bintang.

Gadis berusia 15 tahun asal Desa Sukamulya Kecamatan Cikadu Kabupaten Cianjur pun mengalami banyak rintangan dan lika-liku dalam perjalanannya mencapai kesuksesan.

Anak bungsu dari pasangan Ade (54) dan Wasidah (45) sebenarnya sudah menunjukkan bakat menyanyi sejak kelas 3 SD. Bakat tersebut didapat dari orang tuanya yang merupakan pelaku seni tradisional.

Bahkan kakak-kakaknya pun dikenal sebagai pelantun ayat suci al-Quran dan marawis.

Meli mulai menjadikan bakatnya sebagai profesi saat menginjak SMP. Penghasilan Ade yang tak menentu dari hasil bertani, membuat Meli terpaksa mencari uang sendiri dengan pentas dari satu panggung ke panggung lain bersama kakak dan pamannya agar bisa mengenyangkan pendidikan yang lebih tinggi.

Tak jarang, uang hasil manggungnya itu disisihkan untuk diberikan pada keluarganya. Meski tak besar, tetapi uang itu cukup untuk menyambung hidup ayah dan ibunya.

"Kalau kakak-kakaknya sekolah sampai SD. Tapi Meli ini bersikeras ingin sekolah setinggi-tingginya. Makanya dari bakat dia yang sudah muncul sejak usia SD ini dijadikan modal untuk menyanyi di acara hajatan. Dari situ dia dapat uang untuk biaya sekolah dan lainnya. Kadang juga ngasih ke ibunya," ungkap Ade.

Selanjutnya
Halaman
1 2