Insiden Perusakan Masjid, FKUB Jabar Ajak Warga Jaga Tempat Ibadah

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 04 Okt 2020 11:38 WIB
Sebuah masjid di Bandung dilempar seorang priapria hingga mengakibatkan kaca pecah. Pria yang diketahui berinisial DB itu tiba-tiba datang dan melakukan pelemparan.
Perusakan masjid di kawasan Dago Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Insiden perusakan masjid belakangan kerap muncul. Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Barat meminta masyarakat aktif menjaga tempat ibadah.

"Ini memang dilematis, kalau sampai di jaga (aparat) sampai ke mushala kecil ini mengesankan tidak aman negara ini, jadi kalau menurut saya tidak usah, yang perlu masyarakat lebih aktif, jangan polisi, penjagaan itu penting tapi oleh masyarakat," ucap Ketua FKUB Jabar Rafani Achyar kepada detikcom, Minggu (4/10/2020).

Rafani yang juga Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jabar ini juga berpesan masyarakat perlu lebih aktif untuk menjaga tempat ibadah di sekitarnya. Selain itu, masyarakat juga perlu waspada terhadap hal-hal yang dapat mengganggu keharmonisan.

"Kemudian kepada masyarakat saya selalu mengimbau hati-hatilah, jangan sampai kejadian melakukan kekerasan, masyarakat harus aktif kalau ada kasus masyarakat ikut terlibat, tangkap dan serahkan kepada aparat sambil ikut menyelidiki masyarakatnya, sejauh mana kalau orang itu disinyalir gila," kata dia.

Sementara itu terkait kasus perusakan yang terjadi belakangan ini seperti di Bandung dan Tangerang, Rafani mengatakan hal ini menjadi sebuah tanda tanya. Sebab, kejadian tersebut berlangsung dengan waktu yang tidak terlalu jauh.

"Kasus ini sebenarnya menimbulkan tanda tanya, karena bukan kali ini saja ya, jadi dulu pernah ada, kemudian timbul lagi, malah ini jadi timbul tanda tanyanya itu apakah ini ada kaitan dengan kasus persikusi terhadap ulama?," katanya.

Seperti diketahui, aksi perusakan masjid terjadi di beberapa tempat. Di Bandung, masjid Nurul Jamil di kawasan Dago dirusak pria berinisial DB. Selang sepekan kemudian, masjid di Tangerang jadi korban vandalisme.

Tonton juga 'Jurus BNPT Mencegah Radikalisme, Blak-blakan Kepala BNPT':

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)