Antisipasi COVID-19, Gedung Pemprov Jabar Akan Dibekali Teknologi Pelacak

Yudha Maulana - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 14:23 WIB
Gedung Pemprov Jabar akan dibekali teknologi pelacak massa
Gedung Pemprov Jabar akan dibekali teknologi pelacak massa
Bandung -

Gedung pelayanan publik di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) akan dilengkapi teknologi pelacak massa (mass tracing). Teknologi itu memungkinkan untuk mencegah terjadinya over kapasitas jumlah orang dalam gedung pada situasi pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Setiaji mengatakan, upaya ini digunakan untuk memutus mata rantai penularan virus Corona, khususnya di gedung-gedung pemerintahan. Selain bisa mengetahui kapasitas gedung, teknologi ini juga memungkinkan untuk merekam jejak orang yang ke dalam gedung.

"Kemudian orang tersebut misalnya positif, bisa lebih mudah kita lacak dia pernah mampir ke mana saja," ucap Setiaji dalam keterangannya, Jumat (2/10/2020). Dengan demikian, langkah pelacakan pun bisa lebih mudah dilakukan andaikata ada orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 masuk ke dalam gedung tersebut.

Cara kerjanya, pengunjung yang masuk ke dalam gedung pelayanan publik atau pemerintahan diharuskan melakukan check-in dengan melakukan pemindaian barcode dari ponsel. Setelah itu, pengunjung gedung diharuskan mengisi sejumlah informasi lewat tautan yang muncul setelah pindai barcode, berikut memasukkan kode gedung yang akan dikunjungi.

"Nanti langsung kehitung yang masuk ke sana sekian orang. Nanti ketika keluar dari gedung juga mereka harus check out," katanya.

Teknologi ini, ucap Setiaji akan diluncurkan dalam waktu dekat dan telah diujicobakan di Gedung Diskominfo Provinsi Jawa Barat. "Kita ujicoba sejak Senin kemarin," tuturnya.

(yum/mud)