Sanca Pemangsa Ayam Kabur Usai Dikarungi, Warga Ciamis Resah

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 11:27 WIB
Warga blok Tumaritis, Lingkungan Desa Kolot, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, digegerkan penemuan ular Sanca sepanjang 3 meter di dalam kandang usai memangsa ayam milik warga.
Warga sempat menangkap sanca pemangsa dua ekor ayam di Ciamis. (Foto: istimewa)
Ciamis -

Penemuan ular sanca sepanjang tiga meter yang memangsa ayam di dalam kandang menggegerkan warga Blok Tumaritis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Warga sempat menangkap dan memasukkan ular itu ke karung, namun satwa tersebut kabur. Kini warga resah.

Mereka khawatir sanca berbobot lima kilogram itu menyerang manusia, terutama anak-anak. Penemuan ular ini baru pertama kali. Warga heran di wilayah perkotaan ada ular sebesar itu.

Warga beramai-ramai melakukan pencarian sanca. Ular itu diduga tidak akan jauh karena kondisinya lemah setelah memakan dua ekor ayam. Hingga Kamis (1/10/2020) siang, ular belum berhasil ditemukan.

Pemilik kandang ayam, Maman Suhandi (66), kaget saat menemukan sanca di kandang ayam miliknya, Rabu (30/9) siang. Ia memanggil sejumlah warga dan aparat setempat. Warga secara bersama-sama menangkap ular tersebut.

"Ular lalu dimasukkan ke dalam karung. Agar tidak mati karung diberi lubang-lubang kecil," ucap Maman.

Sewaktu Maman mengecek sanca itu pada tengah malam, ternyata sudah kabur melalui lubang karung. "Semalam juga sempat dicari bersama warga, tapi memang tidak ditemukan. Hari ini juga kami pun mencari karena khawatir menyerang ternak lainnya, juga anak-anak. Jadi untuk sementara ini orang tua harus menjaga anaknya ketika main di luar rumah," ucap Maman.

Adam (30), warga lainnya, khawatir dengan keberadaan sanca berukuran besar tersebut. "Ini pertama kali ada kejadian penemuan ular sanca. Kemungkinan ular ini naik dari Sungai Cipalih yang ada di sebelah bawah perkampungan. Karena lapar, kemudian naik ke atas dan memangsa ayam," tutur Maman.

(bbn/bbn)