Cegah COVID-19, Wagub Jabar Ingatkan Ponpes Taati Protokol Kesehatan

Bima Bagaskara - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 15:39 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum (Foto: Yudha Maulana/detikcom).
Kuningan -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta seluruh pimpinan pondok pesantren di Jawa Barat untuk mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan SK Gubernur yang telah dibuat.

Hal itu setelah munculnya klaster ponpes pertama di Jawa Barat yakni Pondok Pesantren Husnul Khotimah yang berada di Desa Maniskidul, Kabupaten Kuningan.

"Pondok pesantren di Jabar agar mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dalam SK Gubernur sebelumnya dan SK itu sudah disosialisasikan juga oleh saya kepada 500 kiai," kata Uu seusai meninjau swab massal di Pondok Pesantren Husnul Khotimah Kuningan, Selasa (29/9/2020).

Menanggapi klaster di Ponpes Husnul Khotimah dimana terdapat 93 orang yang positif COVID-19, Uu yang juga panglima santri Jabar ini menegaskan Pemprov Jabar telah bergerak cepat. Bahkan dia diminta langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk meninjau langsung situasi di Ponpes Husnul Khotimah.

"Oleh pak gubernur saya diminta datang ke sini sebagai bentuk respons Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap penanganan klaster ini karena perlu ada penanganan cepat agar tidak makin banyak," ucapnya.

Ia pun bicara kembali mengenai penerbitan SK Gubernur mengenai pencegahan dan pengendalian COVID-19 di lingkungan pesantren pada bulan Juni lalu.

Kata Uu saat itu Pemprov Jabar telah mempertimbangkan pendapat kiai serta pengurus pengurus ponpes untuk membuka kembali pondok pesantren di Jawa Barat.

"Kami sampaikan kepada ponpes lain tolong sesuai pernyataan sebelum ponpes dibuka karena sebelumnya kiai meminta kami untuk dibuka dan diperbolehkan oleh Gubernur. Jadi tolong agar tidak terjadi lagi kelalalian dan kelengahan pengurus pondok pesantren dalam menangani COVID," ujarnya.

(mso/mso)