Bupati Bandung Barat Pilih Gencarkan Operasi Yustisi Ketimbang PSBM

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 19:50 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara
Bupati Bandung Barat Aa Umbara (Foto: Whisnu Pradana)
Bandung Barat -

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna lebih memilih menerapkan operasi yustisi ketimbang memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) seperti Kota Cimahi dan wilayah lainnya.

Hal tersebut lantaran dengan penerapan PSBM justru membuat sektor ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terutama dari sektor pariwisata sangat minim. Belum lagi Jakarta yang menerapkan PSBB hingga 10 Oktober mendatang.

"Daripada PSBM lebih baik operasi yustisi saja. Untuk PSBM juga kan harus ada dasarnya, sedangkan daerah di kita hanya satu yang zona merah," ungkap Umbara, Senin (28/9/2020).

Secara akumulatif rata-rata wilayah di Bandung Barat sudah memasuki zona hijau. Kendati demikian, masih banyak masyarakat yang melanggar protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

"Memang 50 persen masyarakat KBB masih melanggar protokol kesehatan, makanya kita gencarkan pelaksanaan operasi yustisi. Nanti jadwalnya akan diatur dulu biar tidak bertabrakan Satpol PP-nya, karena personelnya kan terbatas," terangnya.

Meskipun tidak menerapkan PSBM namun Umbara meminta agar masyarakat KBB tidak hilir mudik ke luar daerah apalagi yang daerahnya berada di zona merah penyebaran COVID-19.

"Tidak perlu pergi ke luar daerah kalau tidak mendesak, apalagi ke luar daerah yang zona merah. Karena kasus di KBB ini kan mayoritas impor," terangnya.

(mud/mud)