Dispusipda Jabar 'Berburu' Dokumen Tokoh Bersejarah

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 12:51 WIB
Pemudik dari arah exit Tol Cileunyi yang memiliki tujuan Majalengka, Kuningan, dan Cirebon mulai melintasi Jalur Tengah Cadas Pangeran Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.
Patung Pangeran Kornel dan Daendels di Cadas Pangeran Sumedang. (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Bandung -

Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Jawa Barat tengah menelusuri dokumen-dokumen bersejarah peninggalan para tokoh nasional di Tanah Pasundan. Kadispusida Jabar Ahmad Hadadi mengatakan, saat ini pihaknya pun tengah melakukan pendekatan kepada keluarga-keluarga para tokoh sebagai upaya pemerintah dalam menyelamatkan arsip bersejarah tersebut.

"Kami sedang mendekati ke keluarga tokoh untuk menyampaikan sosialisasi UU Kearsipan, memang bahwa arsip para tokoh itu harus menjadi aset negara, dan proses ini tidak mudah, ada prosesnya," ujar Ahmad saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/9/2020).

Salah satu yang tengah diperjuangkan pengarsipannya saat ini adalah keluarga Pangeran Kornel (Pangeran Kusumadinata XI, bupati Sumedang tahun 1791 - 1828) dan Pangeran Mekah (Pangeran Suria Kusumah Adinata, bupati Sumedang 1836-1882) serta sejumlah tokoh di Jabar lainnya.

"Tokoh-tokoh yang melegenda di Jawa Barat sedang coba kami telusuri arsipnya, jadi prosesnya tidak bisa dalam waktu singkat, karena perlu kehati-hatian juga," katanya.

Rencananya, ujar Hadadi, arsip dari para tokoh-tokoh tersebut dibuatkan diorama dan hall of fame yang bisa disaksikan oleh publik. Ia pun meminta kesediaan keluarga dari tokoh-tokoh untuk membantu proses pengarsipan tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2