Fenomena Hiu Paus Terdampar di Jabar, Begini Kata Balai Perikanan

Ismet Selamet - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 12:26 WIB
Hiu paus totol memiliki ukuran panjang lima meter dan berat sekiytar satu ton itu pertama kali dilihat oleh warga yang tengah mencari ikan di muara Ciwidig Desa Kertajadi, Kecamatan Cidaun, Jumat (25/9/2020).
Warga memotong daging bangkai hiu paus yang terdampar di Muara Ciwidig Cianjur. (Foto: istimewa)
Cianjur -

Satwa langka Ikan hiu paus atau rhincodon typus ditemukan mati terdampar di muara Ciwidig, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/9) sore. Ternyata tak hanya di Cianjur, ada dua kejadian serupa di daerah Jabar lainnya.

Di Pangandaran misalnya, seekor ikan hiu paus terdampar di tepi pantai Dusun Karangsari, Desa Ciputrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Senin 24 Agustus 2020. Selain itu di Tasikmalaya, hiu paus juga ditemukan mati terdampar di Pantai Batu Cakup, Ciheras, Cipatujah, Tasikmakaya, Jawa Barat, 3 Agustus 2020.

Kepala Unit Pelayanan Tekhnis Dinas (UPTD) Balai Perikanan Cidaun Kabupaten Cianjur Eli Muslihat mengatakan fenomena hiu paus terdampar kerap terjadi saat peralihan musim, baik dari musim hujan ke kemarau ataupun sebaliknya. Di periode tersebut, hiu paus melakukan migrasi menuju perairan yang hangat. Tetapi tidak sedikit dari satwa tersebut yang tersesat dan malah menepi ke pesisir pantai.

"Memang sedang musimnya migrasi. Biasanya di Juli hingga akhir September, dan di awal tahun. Bertepatan dengan peralihan musim," kata Eli kepada detikcom via sambungan telepon, Sabtu (26/9/2020).

Detik-detik Hiu Paus Terdampar di Cianjur, Dagingnya Dipotong Warga:

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2