Daftar Harta Kekayaan Dua Paslon Pilbup Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 16:29 WIB
Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
(Foto: Ilustrasi Fokus Nasib Pilkada Langsung (Andhika Akbaransyah)
Pangandaran -

Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran siap berlaga di Pilbup Pangandaran 2020. Keempat calon tersebut adalah Jeje Wiradinata berpasangan dengan Ujang Endin Indrawan serta Adang Hadari yang berpasangan dengan Supratman.

Salah satu syarat atau kewajiban pencalonan, keempat orang itu wajib melaporkan harta kekayaan pejabat negara kepada KPK.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin mengatakan semua pasangan calon sudah melaporkan harta kekayaannya. "Sudah, semua sudah melaporkan. Tanda bukti pelaporannya sudah diberikan kepada kami," kata Muhtadin, Jumat (25/9/2020).

Namun mengenai detail jumlah harta kekayaan, Muhtadin belum bisa menjelaskan secara rinci. "Untuk detailnya bisa diakses langsung melalui situs resmi KPK," kata Muhtadin.

Penelusuran detikcom dari situs resmi KPK, dari keempat orang itu, calon Bupati nomor urut 2 Adang Hadari memiliki harta kekayaan paling besar dengan jumlah Rp 13,6 miliar. Sementara calon dengan harta kekayaan terkecil adalah calon Bupati nomor urut 1 Jeje Wiradinata. Harta kekayaan calon Bupati incumbent ini melaporkan harta kekayaan total Rp 985,8 juta.

Harta kekayaan Rp 985,8 juta yang dilaporkan Jeje terdiri dari kepemilikan 7 bidang tanah. Sementara di kolom kendaraan bermotor, Jeje hanya melaporkan sepeda motor Honda lansiran tahun 2011 yang ditaksir nilainya Rp 6 juta. Di kolom kas dan setara kas, Jeje melaporkan nilai Rp 77,2 juta.

Kemudian calon Wakil Bupati nomor urut 1, Ujang Endin Indrawan melaporkan harta kekayaan total Rp 6,69 miliar. Harta yang dilaporkan terdiri dari 89 bidang tanah. Di kolom kendaraan Ujang Endin melaporkan berbagai jenis kendaraan mulai dari mobil, dump truck sampai alat berat. Di kolom kas dan setara kas, Ujang Endin melaporkan nilai Rp 650 juta.

Sementara calon Bupati nomor urut 2 Adang Hadari malaporkan total harta kekayaan Rp 13,6 miliar yang diantaranya terdiri dari 52 bidang tanah. Sementara di kolom kendaraan, terdapat 33 item yang terdiri dari mobil, truk dan aneka mesin usaha. Di kolom kas dan setara kas, Adang melaporkan nilai Rp 1 miliar.

Kemudian calon wakil Bupati nomor urut 2 Supratman melaporkan total harta kekayaan Rp 1,5 miliar. Diantaranya terdiri dari 7 bidang tanah dan 1 mobil Toyota Yaris. Di kolom kas dan setara kas, Supratman melaporkan nilai Rp 13 juta.

Tonton juga 'Mengintip Harta Kekayaan Para Paslon Peserta Pilpres 2019':

[Gambas:Video 20detik]

(mud/mud)