Disdagin Ekspor Produk Lokal Bandung ke New Zealand

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 14:29 WIB
Produk lokal Bandung yang diekspor ke New Zealand
Produk lokal Bandung yang diekspor ke New Zealand (Foto: Istimewa)
Bandung -

Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Bandung beri kado istimewa dalam rangka Hari Jadi Kota Bandung ke 210 tahun dengan mengirim sample produk ekspor ke New Zealand.

Pengiriman sampel produk ekspor ini dilakukan di Kantor Disdagin Kota Bandung, Jalan Nuansa Mas Raya No 2 Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Kamis (24/9) kemarin.

Kadisdagin Kota Bandung Elly Wasilah mengatakan, pengiriman produk ini merupakan tindak lanjut dari program Mentoring Go Export yang telah dilakukan untuk meningkatkan kembali perekonomian Kota Bandung di tengah pandemi COVID-19.

"Program ini diikuti 85 pelaku usaha di Kota Bandung yang diselenggarakan selama tujuh kali pertemuan selama bulan Juli sampai dengan September 2020," kata Elly via pesan singkat, Jumat (25/9/2020).

Produk-produk yang akan dikirim ke New Zealand berasal dari tujuh pelaku UMKM di Kota Bandung yakni Odora Knitwear, CV Kampoeng Radjoet Bandoeng, Sofia Handicraft, Tulatali, Bohemian Project ID, Sharena, serta Pala Nusantara.

"Produk-produk siap ekspor tersebut bervariasi berupa fashion, kerajinan serta produk herbal," ujar Elly.

Elly menjelaskan, program mentoring sebelumnya, Disdagin Kota Bandung telah sukses menghasilkan MoU Ekspor ke Australia dan juga Afrika Barat.

"MoU dengan Australia menghasilkan kontrak dengan total nilai US$ 24,079 yang dihasilkan dari produk brownies & pastries dari CV. Amanda, minuman jahe dari Hisohi Indonesia dan lumpia kering dari Sumpiker Mankdut. Sementara itu ekspor ke Afrika Barat total nilai ekspornya yaitu US$ 29,920," jelasnya.

Elly mengaku bangga, atas tercapainya hasil nyata bisa mengirimkan produk lokal Bandung ke New Zealand. "Diharapkan dengan adanya pengiriman sampel ini kedepannya akan memberikan banyak pesanan pada para pengusaha produk lokal kota Bandung," tambahnya.

(mud/mud)