Pemkab Cianjur Minta Polisi Usut Beras Bansos Bercampur Plastik

ADVERTISEMENT

Pemkab Cianjur Minta Polisi Usut Beras Bansos Bercampur Plastik

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 16:55 WIB
Beras bansos bercampur plastik yang diterima warga Cianjur
Butiran plastik yang bercampur dengan beras bansos di Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Plt Bupati Cianjur Herman Suherman meminta polisi mengusut tuntas temuan beras Bansos BPNT yang bercampur butiran plastik di Cianjur, Jawa Barat.

"Kasus ini sudah ditangani Polres Cianjur. Kami sudah berkoordinasi dan minta kasus ini diusut hingga tuntas, sampai pelaku yang menaburkan butiran plastik tersebut diketahui dan diproses hukum," ujar Herman via telepon, Rabu (23/9/2020).

Soal ada unsur kesengajaan atau tidak, menurut dia, campuran butiran plastik di beras dapat membahayakan KPM yang menerimanya. "Apalagi kan kemarin sampai sudah ada yang memasak dan mengonsumsinya. Maka dari itu harus sampai tuntas, supaya bisa diketahui apa motifnya," kata dia.

Herman menambahkan, Pemkab Cianjur juga menurunkan tim dari Dinas Sosial untuk menelusuri temuan tersebut. "Dinsos nanti lebih ke menanyakan ke supplier, kenapa bisa ada butiran plastik dalam beras bansos. Kalau memang kelalaian dari pihak supplier, kami tidak akan segan untuk menggantinya," ucap Herman.

Kapolres Cianjur AKBP Moch Rifai mengatakan anggota Polsek Bojongpicung dan Polres Cianjur sudah melakukan pengecekan ke lokasi ditemukannya beras bansos bercampur plastik. "Sudah ditangani kasusnya, tim dari Polsek dan Polres sudah ke lokasi untuk cek lapangan," kata Rifai.

Menurutnya, sebanyak 8 KPM yang menerima beras bercampur butiran plastik sudah dimintai keterangan. Rencananya supplier dan pihak lainnya juga dipanggil untuk diperiksa.

"Sementara baru KPM yang sudah dimintai keterangan, tapi nanti ada yang akan kami panggil dan periksa juga," ujar Rifai.

Simak juga video 'Duh! Warga Cianjur Temukan Butiran Plastik dalam Beras Bansos':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT