Kasus COVID-19 Terus Bertambah, Kabupaten Cirebon Kini Zona Orange

Sudirman Wawad - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 13:19 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom).
Cirebon -

Jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, terus bertambah. Kabupaten Cirebon masuk kategori orange atau berstatus risiko sedang penyebaran COVID-19.

"Kabupaten Cirebon orange statusnya," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Cirebon Nanan Abdul Manan kepada detikcom, Selasa (22/9/2020).

GTPP COVID-19 Kabupaten Cirebon juga merilis penambahan kasus pasien positif. Sebanyak 25 pasien terkonfirmasi positif hari ini. Dengan adanya kasus baru itu, total pasien positif COVID-19 di Cirebon mencapai 690 kasus.

"Totalnya 690 pasien terkonfirmasi positif. Sebanyak 235 pasien sudah selesai perawatan atau sembuh," kata Nanan.

Sementara itu, sebanyak 421 pasien masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri. Untuk pasien yang meninggal dunia mencapai 34 kasus.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan pihaknya telah mencapai target uji swab atau usap tenggorokan dari jumlah penduduk.

"Ternyata kita sudah melebihi target satu persen dari jumlah penduduk. Sekarang sudah sekitar 22.900 orang yang diswab," kata Imron, Minggu (20/9/2020)

Imron menambahkan Pemkab Cirebon telah memesan 8.000 reagen untuk swab lanjutan. Pihaknya akan terus melakukan tracing terhadap warga yang sempat kontak dengan pasien positif. "Akan terus kita lakukan sampai Corona hilang," ujarnya.

(mso/mso)