Jalur Kereta Cipatat-Padalarang Baru Digarap Tahun 2023

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 12:46 WIB
Jalur kereta Cipatat-Padalarang baru digarap tahun 2023
Jalur kereta Cipatat-Padalarang baru digarap tahun 2023 (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Warga Cianjur dan Sukabumi tampaknya harus lebih bersabar untuk bisa menggunakan transportasi kereta api hingga ke Padalarang atau Bandung.

Meskipun jalur Ciranjang-Cipatat sudah direaktivasi, tetapi jalur dari Cipatat hingga Padalarang belum akan dibenahi dalam waktu dekat.

Humas Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jabar Anne Rufaidah, mengatakan di tahun depan pihaknya berfokus pada pembangunan jalur ganda Bogor-Sukabumi dan Kiaracondong-HaurPugur.

"Kami targetkan di Desember 2021 itu jalur ganda Bogor-Sukabumi sudah bisa aktif. Makanya sementara fokus ke sana dulu, belum ke jalur Cipatat-Padalarang," kata dia kepada detik.com via telepon seluler, Selasa (22/9/2020).

Untuk jalur Cipatat-Padalarang kemungkinan baru akan digarap pada 2022 atau 2023 mendatang. "Kemungkinan di 2022 atau 2023, belum di tahun ini atau tahun depan," kata dia.

Selain fokus pada dua jalur ganda, Anne mengatakan petugas di bagian perencanaan sedang melakukan kajian terkait jalur yang akan digunakan.

Sebab, dari hasil kajian sementara jalur yang sudah ada tidak memungkinkan untuk dilaluli, terutama di jalur Tagogapu.

"Dari tim kajian tidak disarankan melewati jalur yang ada, tepatnya di titik Tagogapu. Jadi kemungkinan akan ada jalur baru. Tapi masih dalam kajian oleh tim untuk lintasannya," pungkasnya.

(mud/mud)