Pria Bermasker Meninggal di Sukabumi, Satgas COVID-19 Turun Tangan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 10:29 WIB
Penumpang Bus DAMRI Meninggal di Sukabumi
Sejumlah petugas menggunakan APD mengevakuasi seorang jenazah penumpang DAMRI di Sukabumi. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Seorang pria meninggal di dalam bus jurusan Palabuhanratu-Sukabumi. Penumpang bermasker itu terkapar di deretan bangku belakang.

Kepala Terminal Type B Palabuhanratu Asep Sumarna mengatakan penumpang itu ditemukan di bus DAMRI nomor polisi D-7631-AP. Posisi korban diketahui saat bus akan memulai keberangkatan di Terminal Bus Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Kejadian sekitar pukul 08.30 WIB, penumpang dari Palabuhanratu tujuan ke Sagaranten. Saat itu penumpang hanya satu orang, dia berada di deretan kursi belakang mengenakan masker," kata Asep saat dihubungi detikcom, Senin (21/9/2020).

Menurut Asep, penumpang DAMRI itu diketahui oleh sopir saat melihat ke deretan bangku. Ia sempat menduga korban pingsan, namun sewaktu diperiksa ternyata sudah tidak bernyawa. Posisinya berada di ujung kursi dekat dengan pintu masuk-keluar bus.

Saat itu juga Asep menghubungi polisi dan Gugus Tugas Penanganan dan Pengendalian COVID-19 Kecamatan Palabuhanratu. "Sesuai SOP kami menghubungi Polsek Palabuhanratu dan Satgas COVID-19 kecamatan. Tidak lama, petugas mengenakan APD (alat pelindung diri) datang mengevakuasi korban, penyebabnya belum diketahui. Kami menunggu dari pihak kepolisian dan Gugus Tugas," ucap Asep.

Terkait pemantauan dan pengendalian COVID-19 Asep memastikan pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan kepada setiap penumpang yang akan menggunakan jasa angkutan umum. Pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan kewajiban mencuci tangan diberlakukan setiap hari.

"Ini kawasan wajib masker, penumpang yang akan bepergian dan tiba di terminal kami jalankan protokol kesehatan. Tidak hanya itu, penyemprotan disinfektan juga menjadi sesuatu yang rutin kami lakukan di masa pandemi ini," tutur Asep.

(sya/bbn)