Satu Komisioner dan Pegawai KPU Tangsel Positif COVID-19

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 17:52 WIB
Ilustrasi pasien di rumah sakit
Foto: Ilustrasi (iStock).
Tangerang Selatan -

Salah satu komisioner di KPU Tangerang Selatan (Tangsel) atas nama Ahmad Mujahid Zein dilaporkan positif COVID-19. Satu pegawai juga dinyatakan positif dan langsung melakukan isolasi mandiri.

"Satu komisioner dan satu bukan, yang komisioner Ahmad Mujahid Zein," kata Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro saat dikonfirmasi detikcom melalui sambungan telepon, Kamis (17/9/2020).

Laporan bahwa dua orang di lingkungan KPU yang positif ini baru diberi tahu oleh Dinas Kesehatan pada Rabu (16/9) kemarin. Padahal, swab sebetulnya sudah dilakukan dua pekan lalu kepada seluruh pegawai dan komisioner di lingkungan KPU.

"Itu hasilnya sudah lama, proses swabnya 1 September baru keluar kemarin," tegasnya.

Komisioner tersebut sendiri sempat melakukan kerja seperti biasa di KPU. Namun menurutnya tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan perkumpulan massa yang dihadiri olehnya.

Saat tahu bahwa positif, ia juga langsung melakukan isolasi mandiri. Komisioner langsung pulang ke rumahnya begitu tahu positif agar tidak ada penyebaran.

KPU Tangsel juga meminta Dinas Kesehatan untuk segera melakukan swab kedua ke seluruh pegawai dan komisioner. KPU meminta hasil tes tidak terlalu lama agar bisa mengetahui penyebaran virus.

"Yang penting besok kita lakukan swab di kantor dan kantor KPU sudan minta didisinfeksi kepada BPBD Tangsel," ujarnya.

KPU Tangsel jadi salah satu daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020. Selain Tangsel, daerah lain di Banten yang menyelenggarakan Pilkada adalah Kota Cilegon, Pandeglang dan Kabupaten Serang.

(bri/mso)