80.309 UMKM di Kuningan Diajukan Terima Bantuan Rp 2,4 Juta

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 17:19 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Kuningan -

Pemerintah Kabupaten Kuningan telah menyampaikan sebanyak 80.309 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mendapat bantuan produktif usaha mikro (BPUM) sebesar Rp 2,4 juta dari pemerintah pusat. Dari jumlah tersebut baru sebanyak 4.192 pelaku UMKM permohonannya diterima.

"Sampai dengan tanggal 15 September kemarin jumlahnya mencapai 80.309 pelaku usaha mikro pemohon yang dikirim ke pusat," kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan Bunbun Budhiyasa kepada detikcom Kamis (17/9/2020).

Dari jumlah pemohon tersebut kata Bunbun yang sudah menerima notifikasi bahwa permohonannya diterima sebanyak 4.192 UKM. Sedangkan sisanya, dia tidak tahu persis kapan akan menerima notifikasi termasuk berapa jumlah penerima dari total yang diajukan. Karena proses verifikasi data pemohon dilakukan langsung oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

"Yang sudah menerima notifikasi sampai tanggal 15 kemarin jumlahnya 4.192 UMKM. Sisanya kapan, kita juga tidak tahu tunggu saja karena yang memverifikasi langsung dari pusat," lanjutnya.

Menurut Bunbun tingginya permohonan BPUM dikarenakan tidak adanya kuota yang ditentukan Kementerian Koperasi untuk daerah. Sehingga seluruh daerah berlomba-lomba untuk mengajukan bantuan tersebut.

Untuk diketahui, Kementerian Koperasi menargetkan pemberian BPUM kepada 12 juta pelaku usaha mikro. Masing-masing pelaku usaha mikro nantinya akan menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta yang disalurkan secara bertahap.

"Tahap pertama 1 juta UKM itu setelah program di launching beberapa waktu lalu, kemudian tahap kedua di bulan September ini ada 9 juta UKM dan tahap ketiga di bulan Oktober nanti ada 2 juta UKM," ujar Bunbun.

(mso/mso)