Besok, 5 Jalan di Kota Bandung Diberlakukan Buka Tutup Pagi Hari

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 13:36 WIB
Suasana penutupan Jalan Asia Afrika di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (18/4/2020). ANTARA FOTO/Agung Rajasa.
Ilustrasi penutupan jalan di Bandung (Foto: ANTARA FOTO/Agung Rajasa)
Bandung -

Demi menekan penyebaran COVID-19 di Kota Bandung, Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung kembali memberlakukan buka tutup jalan di pagi hari.

"Mengingat dengan adanya peningkatan (kasus) COVID-19 di Kota Bandung, direncanakan besok pagi akan diadakan penutupan lima ruas jalan," kata Kasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol Muhammad Rano Hadianto di Balai Kota Bandung, Kamis (17/9/2020).

"Tujuannya adalah untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa virus corona masih ada, oleh karena itu upaya yang dilakukan kami secara tim adalah melakukan penutupan beberapa ruas jalan," tambahnya.

Seperti diketahui, buka tutup jalan masih dilakukan di malam hari dari Pukul 22.00-06.00 WIB. Kini ditambah di pagi hari dari Pukul 09.00-11.00 WIB.

"Jalan ditutup total, aktivitas masyarakat berjalan fleksibel yang tinggal dan daerah di wilayah yang jalannya ditutup tinggal menunjukkan identitas kepada petugas dan akan dilakukan buka tutup, di luar itu tidak bisa. Hanya dua jam saja," ungkapnya.

Sementara itu, Kadishub Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan, buka tutup jalan dilakukan kembali untuk membatasi mobilitas masyarakat.

"Pertimbangannya kita dengan kebijakan adaptasi baru diperketat di Kota Bandung ini untuk mengantisipasi mobilitas masyarakat menggunakan kendaraan bermotor memang kita batasi dari jam 9-11, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan yang mengganggu arus lalu lintas di lokasi tertentu yang dianggap dapat memunculkan ketidaktertiban di ruas jalan tersebut," jelasnya.

Adapun lima titik jalan yang dilakukan buka tutup yakni, Jalan Asia Afrika-Tamblong, Otista-Suniaraja, Purnawarman-Riau, Merdeka-Riau dan Merdeka-Aceh.

"Himbauan kepada masyarakat, di fase AKB diperketat ini tetap harus disiplin, disiplin kesehatan dan melaksanakan protokol kesehatan, jaga jarak, mencicil tangan, terutama menggunakan masker," tuturnya.

Ia menambahkan, buka tutup jalan ini dilakukan selama dua pekan. "Ini dilakukan 14 hari ke depan, nanti akan dievaluasi kembali oleh Gugus Tugas COVID-19 Kota Bandung, apakah ditambah titiknya atau ditambah waktunya (durasi buka tutup)," pungkasnya.

(wip/mud)