Nakes di Cianjur Positif COVID-19, 150 Orang yang Kontak Erat Diswab

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 19:35 WIB
Swab Test Pedagang Pasar Cisarua, ilustrasi tes swab, test swab, ilustrasi virus corona, ilustrasi tes corona
Ilustrasi (Foto: Swab Test Pedagang Pasar Cisarua. (Dok Diskominfo Kabupaten Bogor).
Cianjur -

Seorang tenaga medis di Puskesmas Gekbrong Kabupaten Cianjur, Jawa Barat positif COVID-19. Akibatnya 150 orang, terutama pasien ke puskesmas yang pernah kontak erat diswab test.

Juru Bicara Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Kabupaten Cianjur Yusman Faisal, mengatakan tenaga medis yang merupakan bidan tersebut terkonfirmasi positif berdasarkan hasil test yang dilakukan beberapa waktu lalu.

"Kami secara berkala lakukan test pada kelompok rawan, terutama tenaga medis. Dan didapatkan tenaga medis bidan di puskesmas tersebut positif," kata Yusman saat ditemui di Pendopo Cianjur, Jalan Siti Jenab, Rabu (16/9/2020).

Menurutnya gugus tugas COVID-19 sudah melakukan test cepat antigen dan swab test pada tenaga medis dan pejabat di puskesmas tersebut.

"Hasil TCM, semuanya negatif sehingga puskesmas tidak sampai ditutup sementara," kata dia.

Namun selain itu, ada 150 orang lainnya yang pernah kontak erat dan juga swab test untuk menelusuri penyebaran COVID-19.

"150 orang itu rata-rata pasien dari bidan tersebut. Sudah diswab dan sekarang masih tunggu hasilnya," paparnya.

Yusman menambahkan tenaga medis tersebut saat ini menjalani perawatan di bila Bumi Ciherang yang merupakan tempat isolasi khusus bagi pasien positif tanpa gejala.

"Sedang diisolasi selama 14 hari di Bila Bumi Ciherang. Kami juga masih berusaha menelusuri tenaga medis tersebut darimana," pungkasnya.

(mud/mud)