Syekh Ali Jaber Ditusuk, Persis: Proses Pelaku Secara Adil-Transparan

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 13:15 WIB
Syekh Ali Jaber di Kampung Melayu
Syekh Ali Jaber (Foto: Akhmad Mustaqim/ detikcom)
Bandung - Persatuan Islam (Persis) Jawa Barat mengutuk keras aksi penusukan kepada ulama Syekh Ali Jaber di Bandar Lampung. Persis juga mendesak agar pihak kepolisian bergerak cepat dan transparan dalam menangani kasus ini.

"Kami meminta kepada aparat hukum untuk memproses pelaku secara adil, cepat dan transparan. Agar kasus ini tidak berkembang luas dan terjadi spekulasi di masyarakat yg pada akhirnya akan menimbulkan kekacauan," ujar Ketua Pimpinan Wilayah Persis Jabar Iman Latief saat dihubungi detikcom, Senin (14/9/2020).

Iman juga meminta agar pemerintah dan aparat untuk lebih bisa menjamin keselamatan dan keamanan para ulama, dai, asatidz, dan aktivis dakwah. Ia pun mengapresiasi upaya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam mengupayakan keselamatan bagi ulama.

"Kami berharap agar para ulama, ustaz, ajengan dan aktivis dakwah agar lebih berhati-hati terhadap berbagai upaya kejahatan. Serta diupayakan pengamanan internal atau mandiri dengan upaya pengawasan yang lebih," tuturnya.

Syekh Ali Jaber ditusuk saat sedang mengisi ceramah di Masjid Falahuddin, Bandar Lampung, Minggu (13/9). Video detik-detik orang tak dikenal itu juga beredar di media sosial.

Dari video itu, Syekh Ali Jaber tampak sedang berada di atas panggung. Mendadak ada seorang pria naik ke atas panggung dan menusuk pendakwah tersebut. Para peserta ceramah langsung histeris.

"Dan tentunya kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya umat Islam, agar tetap tenang dan tidak berspekulasi mengenai penyerangan. Kita percayakan kepada kepolisian dan aparatur hukum untuk melaksanakan tugasnya," kata Iman melanjutkan. (yum/bbn)