Tepergok Saat Beraksi, Begal di Bandung Tewas Ditembak Polisi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 12:47 WIB
Ilustrasi Begal, Rampok, Jambret. Andhika Akbarayansyah/infografis.
Ilustrasi kasus begal. (Foto: Andhika Akbarayansyah)
Bandung -

Polisi menembak mati begal di Bandung. Pelaku ditembak lantaran melawan saat kepergok tengah beraksi.

Pria berinisial AA itu ditembak saat petugas Satreskrim Polrestabes Bandung dan unit Reskrim Polsek Bojongloa Kaler melaksanakan patroli di kawasan Bojongloa Kaler, Senin (14/9/2020) dini hari. Polisi memergoki AA dan satu pelaku lainnya tengah beraksi.

"Pelaku melarikan diri serta melakukan perlawanan dengan senjata tajam," ujar Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung.

Atas perlawanan itu, kata Ulung, petugas membela diri. Sehingga petugas terpaksa melakukan tindakan tegas dengan menembak pelaku. "Petugas membela dirinya melakukan tindakan tegas terukur. Sehingga pelaku dapat diamankan dan (pelaku) satunya kabur. Kemudian pelaku AA dibawa ke rumah sakit, tapi di dalam perjalanan, meninggal dunia," tuturnya.

Menurut Ulung, pelaku merupakan spesialis berbagai kasus kejahatan di Bandung. Beberapa di antaranya mulai curanmor, begal hingga pencurian rumah kosong.

"Ada beberapa LP (laporan polisi) di Kota Bandung dan di Kabupaten Bandung. Oleh karenanya penyidik akan mengumpulkan laporan polisi terhadap pelaku ini," kata Ulung.

(dir/bbn)