Gunung Gede Ditutup, TNGGP Kembalikan Uang Pendaki yang Batal Muncak

Ismet Selamet - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 19:32 WIB
TNGGP akan kembalikan uang pendaki yang gagal muncak
Gunung Gede ditutup (Foto: Ismet Selamet)
Cianjur -

Calon pendaki yang sudah mendaftar pada 11 September-9 Oktober 2020 batal mendaki Gunung Gede Pangrango. Pasalnya pendakian ditutup mulai hari ini.

Humas TNGGP Poppy Oktadiani, mengatakan penutupan jalur pendakian dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Namun khusus calon pendaki di tangga 11 September hingga 9 Oktober dipastikan bakal dijadwalkan ulang.

"Ada dua pilihan untuk yang sudah melakukan booking online di rentang waktu tersebut, akan dijadwalkan ulang atau pengembalian dana," kata dia kepada detik.com via telepon seluler, Jumat (11/9/2020).

Menurutnya pendaki tersebut bisa langsung menghubungi Call center TNGGP. "Silakan bisa menghubungi Call center," kata dia.

Ia mengaku masih menunggu data jumlah pendaki selama periode tersebut, serta yang meminta dijadwal ulang dan dikembalikan uangnya.

Poppy menjelaskan penutupan jalur pendakian dikarenakan adanya pemberitaan di media sosial terkait jumlah pendaki melebihi kuota yang telah ditentukan.

Selain itu, banyak pendaki yang tidak mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

"Dengan adanya informasi yang menyebar di media sosial itu, pendakian sementara ditutup untuk dievaluasi mulai hari ini," kata dia.

Seperti yang diketahui, TNGGP mulai membuka jalur pendakian pada 25 Agustus 2020 berdasarkan Surat Edaran Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Nomor: SE.959/BBTNGGP/Tek.2/8/2020 tentang Pembukaan Kembali Pendakian Gunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Sayangnya, pekan lalu didapati jika terjadi penumpukan jumlah pendaki. Bahkan diperkirakan jumlah pendaki mencapai ribuan orang. Video padatnya pendaki hingga terjadi antrean juga sempat viral di media sosial.

(mud/mud)