Bupati Kuningan: Selama Masih Zona Kuning Tak Akan Belakukan PSBB

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 16:06 WIB
Bupati Kuningan Acep Purnama
Foto: Bupati Kuningan Acep Purnama (Bima Bagaskara/detikcom).
Kuningan -

Bupati Kuningan Acep Purnama menyatakan belum akan menerapkan PSBB dalam waktu dekat. Pasalnya saat ini Kuningan masih berada dalam zona kuning penyebaran COVID-19.

Dia juga menegaskan PSBB dan jam malam tidak akan diberlakukan selama Kabupaten Kuningan tidak masuk dalam zona merah penyebaran COVID-19.

"Selama masih di zona kuning kita tidak akan memberlakukan PSBB. Mungkin hanya akan memperketat pendisiplinan protokol kesehatan saja, jangan sampai masuk zona merah," kata Acep kepada detikcom Jumat (11/9/2020) di kantornya.

Namun Acep mengakui saat ini tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker terus menurun. Hal itulah yang menurutnya jadi satu penyebab kasus positif COVID-19 di Kabupaten Kuningan terus mengalami peningkatan.

"Sebenarnya saya khawatir nantinya masuk zona merah karena ada penurunan kepatuhan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan yang paling mudah yaitu memakai masker," tegasnya.

Untuk itulah Acep sangat berharap agar masyarakat Kabupaten Kuningan patuh dan disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan sehingga Kabupaten Kuningan tidak masuk dalam zona merah.

Untuk diketahui, sampai dengan Kamis 10 September kemarin total kasus positif covid-19 di Kabupaten Kuningan mencapai 159 kasus. Dari jumlah itu, 122 kasus dinyatakan sembuh, 32 kasus masih karantina dan 5 kasus meninggal dunia.

(mso/mso)